VIDEO: Tak Ada Pemasukan, Sekolah Berubah Jadi Kandang Ayam

APTN, CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 13:37 WIB
Jakarta, CNN Indonesia --

Akibat pandemi covid-19, Pemerintah Kenya menutup semua sekolah hingga Januari tahun depan. Sejumlah sekolah swasta dan guru-guru di sana harus berjuang untuk bertahan hidup. Beberapa sekolah bahkan telah mengubah ruang kelas menjadi kandang ayam sebagai sumber pendapatan alternatif. Ruang kelas di Mwea Brethren School yang dulu ramai dengan suara murid-murid, sekarang ramai dengan hiruk-pikuk ayam. Sekolah Dasar Roka yang terletak di Mwea, sebuah kota sekitar 100 kilometer sebelah utara Nairobi, Kenya, telah mengubah ruang kelasnya menjadi kandang ayam dan taman bermain sekolah untuk menanam sayuran.

Kepada BBC, pemilik sekolah Mwea Brethen School mengaku, terpaksa mengubah sekolah menjadi peternakan ayam agar bisa bertahan hidup karena tidak ada pemasukan sejak sekolah ditutup. Keputusan Pemerintah Kenya untuk menutup semua sekolah pada Maret lalu, sangat menyulitkan bagi sekolah-sekolah swasta yang mengandalkan pendapatan dari uang sekolah para muridnya. Pemilik sekolah juga masih harus membayar pinjaman dan bernegosiasi ulang dengan bank.

Menurut Asosiasi Sekolah Swasta Kenya, sejumlah kecil sekolah melanjutkan pengajaran ke jalur daring, tetapi biaya yang mereka peroleh hampir tidak cukup untuk membayar gaji pokok para guru. Akibatnya, sekitar 95% dari 300 ribu pengajar sekolah swasta saat ini terpaksa dirumahkan tanpa pesangon. 133 sekolah terpaksa tutup untuk seterusnya.



Saksikan secara lengkap hanya di Transvision Channel 313 UHF