VIDEO: Menyoal Polisi Virtual di Ranah Digital

peb, CNN Indonesia | Sabtu, 27/02/2021 07:00 WIB
Jakarta, CNN Indonesia --

Kehadirian Polisi virtual memunculkan pro dan kontra. Pihak yang pro merasa memberikan rasa aman kita berselancar di dunia maya, namun tak sedikit pula yang Kontra karena dikhawatirkan membatasi kebebasan berekspresi. Sejumlah pemerharti dunia maya pun memiliki pendapat berbeda-beda. Salah satunya Damar Juniarto, selaku Direktur Eksekutif Safenet.

Damar menjelaskan melalui interview di program CNN Indonesia Connected, mengenai sejumlah hal positif. Ia berpendapat, Polisi virtual justru untuk menegakkan kedisiplinan di ranah dunia maya. Damar juga berpendapat kehadiran polisi virtual dapat membuat masyarakat semakin khawatir karena takut akan dimata-matai. Oleh karena itu ia ingin, jangan sampai polisi virtual terlibat dalam percakapan pribadi warga.

Kedepannya, polisi virtual bisa dinilai positif jika untuk mencegah upaya bunuh diri. Karena seperti yang diketahui upaya bunuh diri melalui media sosial marak terjadi hingga menjadi viral. Selain juga dapat meningkatkan literasi digital warga terkait bagaimana bijak dalam menggunakan teknologi. Apa saja yang baik untuk disebarluaskan dan bagaimana cara menghentikan hoax atau berita palsu yang mudah memprovokasi warganet.



Saksikan secara lengkap hanya di Transvision Channel 313 UHF