logo CNN Indonesia

Mengenal Gejala Naiknya Asam Lambung yang Diderita Didi Petet

, CNN Indonesia
Mengenal Gejala Naiknya Asam Lambung yang Diderita Didi Petet
Jakarta, CNN Indonesia -- Dunia hiburan Indonesia kembali berduka karena kehilangan salah satu tokoh seniornya. Didi Widiatmoko atau yang dikenal dengan nama Didi Petet meninggal dunia pada Jumat (15/5) pukul 05.00 WIB. Menurut keterangan keluarga, sebelum meninggal Didi sempat menderita penyakit lambung.

Dokter dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo, Ari Fahrial Syam, mengatakan naiknya asam lambung sebenarnya tidak langsung dapat menyebabkan kematian.

"Asam lambung sebenarnya tidak langsung menyebabkan kematian, tapi bisa menyebabkan komplikasi organ lain dan bisa berujung ke serangan jantung, stroke, pendarahan, infeksi," ujar Ari kepada CNN Indonesia, Jumat (15/5).

Ari belum mengetahui pasti penyakit komplikasi asam lambung apa yang merenggut nyawa Didi. Namun, Ari memaparkan bahwa salah satu penyakit asam lambung kronis yang dapat berujung maut adalah GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

"Asam lambung naik sampai ke kerongkongan atau paru-paru itu sudah penyakit kronis. Bisa menyebabkan komplikasi," tutur Ari.

Namun, orang sering kali mengabaikan gejala-gejala GERD. Agar tidak terjadi komplikasi, Ari mengimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa gejala GERD.

"Ada rasa panas di dada selama beberapa waktu, mulut pahit, ada rasa nyeri di ulu hati. Tidur juga akan sulit karena naiknya asam lambung akan membangunkan orang dari tidur. Ini semua karena asam lambung naik atau regurgitasi," ucap Ari menjabarkan.

Untuk memudahkan indikasi gejala GERD pada masyarakat, Ari mengadakan survei melalui situs pribadinya. "Di dalam survei itu ada pertanyaan seberapa sering responden merasa isi lambung seperti cairan atau makanan naik, seberapa sering mual dari skala satu sampai empat dan di situ ada poinnya," papar Ari.

Setelah menjawab semua pertanyaan, responden diminta untuk menjumlahkan keseluruhan poin. Jika poin yang terkumpul mencapai angka sembilan, maka kemungkinan besar orang tersebut mengidap GERD.

"Sampai sekarang sudah ada 3.300 responden dan 50-60 persen di antaranya diperkirakan mengidap GERD. Kalau sudah seperti itu, harus langsung ke dokter untuk langkah lebih lanjut," kata Ari.




Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Tidur Abadi Didi Petet
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video