logo CNN Indonesia

Berapa Jumlah Pengguna Facebook dan Twitter di Indonesia?

, CNN Indonesia
Berapa Jumlah Pengguna Facebook dan Twitter di Indonesia?
Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook dan Twitter bersaing ketat dalam soal merengkuh jumlah penggunanya di Indonesia. Kendati demikian, keduanya memang menanggap pemakai media sosial di tanah air merupakan pasar yang penting.

Dalam catatan The Wall Street Journal, jumlah pengguna Facebook di Indonesia sampai dengan bulan Juni 2014 sudah mencapai angka 69 juta anggota. Jumlah tersebut tentu saja sudah bertambah hingga Maret 2015 ini.

Pun demikian, jumlah tersebut tentu saja naik sebesar enam persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang sudah mencapai 65 juta anggota.

Saat berkunjung ke Indonesia, sekitar Bulan Oktober 2014, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial, karena jumlah tersebut terbilang baru sedikit bila dibandingkan dengan penetrasi internet dan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 240 juta orang.

Sementara itu, jumlah pengguna Twitter di Indonesia seperti diungkapkan oleh CEO Dick Costolo sudah genap 50 juta anggota dan ia yakin angka itu akan terus bertambah di masa depan.

Baca juga: Apa yang Dibicarakan Jusuf Kalla dengan CEO Twitter?

"Ini merupakan pertumbuhan terbesar saat ini dan Indonesia menjadi salah satu pasar yang paling menguntungkan," ujar Costolo usai menemui Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Jakarta, Kamis (26/3).

Sementara Path, yang merupakan jejaring sosial populer lainnya di Indonesia mampu menjaring lebih dari empat juta pengguna. Jumlah yang sama dipunyai oleh jejaring sosial pebisnis, Linkedin.

Kegandurangan penduduk internet Indonesia terhadap media sosial sejalan dengan hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Dalam catatan APJII, hingga akhir 2014 pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 88,1 juta jiwa. Naik sekitar enam persen dari 2013 dengan 71,9 juta pengguna.

Menurut Semuel A. Pangerapan, Ketua Umum APJII, peningkatan tersebut tak lepas dari semakin populernya media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Instragram dan sejenisnya. Hal ini terlihat jelas dari survei yang pernah dilakukan asosisi tersebut.

Bekerjasama dengan PusaKaKom UI mensurvei 7.000 pengguna internet dari berbagai provinsi, di mana diantaranya diberikan pertanyaan yang lebih detil mengenai apa saja yang mereka lakukan dengan internet.

Baca Juga: Cyanogen Ingin Rampas Android dari Google

Hasilnya, Sebanyak 87,4 persen dari total koresponden mengaku gemar mengakses media sosial. Sementara kegemaran lainnya yakni melakukan riset dan mencari data melalui mesin pencari dilakukan 68,7 persen koresponden.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Twitter Gagal Terbang Tinggi?
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video