logo CNN Indonesia

Hacker Mampu Meretas Airbag Mobil VW

, CNN Indonesia
Hacker Mampu Meretas Airbag Mobil VW
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekelompok peretas baru-baru ini ternyata berhasil menggunakan kecanggihan komputer untuk menonaktifkan sistem kantong udara pada mobil yang dijual oleh Volkswagen (VW). Penelitian serupa pernah diuji coba pada mobil Audi  TT dengan menggunakan komputer mekanik atau perangkat USB untuk menonaktifkan kerja kantong udara mobil.

Aksi ini dilakukan 3 orang, yaitu Andras Szijj dan Levente Buttyán dari CrySyS Lab, serta Zsolt Szalay dari Budapest University of Technology and Economics.

Penelitian untuk menghasilkan suatu gangguan ini dapat memungkinkan penyusup untuk menyembunyikan sistem kantong udara mobil yang tidak aktif serta fungsi dalam mobil lainnya dengan cara memalsukan pesan yang dikirimkan kepada sistem mobil.

Gangguan yang dibuat seperti ini memang memungkinkan untuk dilakukan, tapi tidak terlalu mengancam seperti remote peretas yang sempat ada dan membuat mesin Jeep tidak berfungsi untuk kecepatan tinggi serta menonaktifkan sistem kunci dan pengereman.

Dalam The Register, Buttyan mengatakan bahwa perangkat lunak bisa digunakan sebagai platform untuk dihubungkan dengan mobil-mobil, seperti mobil buatan VW dan Audi.

Buttyan juga mengatakan "kecacatan ini tidak ada hubungannya dengan mobil VW, namun diakibatkan oleh perangkat lunak sebagai pihak ketiga. Penemuan perangkat lunak ini bukan menjadi keunikan utama, namun berbagai pesan yang mampu dikirimkan dari komputer kepada mobil dan mengutak-atik sistemnyalah yang menjadi suatu hal baru. "

Tim peneliti ini melakukan penelitian dengan mengganti FTDI DLL yang digunakan untuk berkomunikasi melalui kabel diagnostik menjadi sistem baru yang telah diutak-atik. Penggantian DDL ini adalah cara termudah untuk bisa terhubung dengan mobil.

"Setelah mematikan sistem kantong udara, kita bisa mengirimkan pesan melalui aplikasi bahwa sistem sebenarnya masih menyala."

Hal tersulit yang dihadapi adalah mengirimkan pesan melalui perangkat lunak pada mesin mobil dan protokol yang digunakan agar melakukan perintah yang bertentangan. Namun, mengutak-atik perangkat lunak bukanlah hal yang sulit bagi para peretas di luar sana.
Alur peretas di mobil VW

Gangguan semacam ini mungkin akan menjadi lebih berbahaya apabila peretas berhasil terhubung dengan mobil melalui unit OBD2. Mereka bisa saja mengutak-atik sistem kendaraan yang dapat memengaruhi kondisi mobil, seperti mematikan sistem mobil ketika sedang berjalan.

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video