SKK Migas

Menteri ESDM Izinkan Amien Sunaryadi Rombak Pejabat SKK Migas

Diemas Kresna Duta, CNN Indonesia | Kamis, 15/01/2015 11:25 WIB
Menteri ESDM Izinkan Amien Sunaryadi Rombak Pejabat SKK Migas Menteri ESDM Sudirman Said (kiri) didampingi Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi (kanan) memberikan pengarahan usai serah terima jabatan Kepala SKK Migas di Jakarta, Jumat 21 November 2014. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasca diberhentikannya Johannes Widjanarko sebagai Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said akan merombak struktur regulator kegiatan hulu migas itu. Akan tetapi, Sudirman yang juga merupakan Komite Pengawas mempersilakan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi untuk menentukan sendiri pejabat yang akan mendukung kinerjanya di struktural organisasi SKK Migas kedepan.

"Komite telah mengadakan rapat minggu lalu dan menyetujui usulan Kepala SKK Migas untuk memberhentikan saudara Widjanarko. Pekan ini akan diusulkan struktur organisasi yang lebih efisien dan nama-nama tim yang akan mendukung Kepala SKK Migas, termasuk usulan untuk Wakil Kepala SKK Migas," ujar Sudirman di Jakarta, Kamis (15/1).

CNN Indonesia mencatat, sejak Amien menjabat sebagai Kepala SKK Migas, dirinya telah memberhentikan sedikitnya tiga pejabat teras SKK Migas yakni Gerhard Rumeser, Amir Hamzah, dan yang terakhir Johannes Widjanarko.


Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu juga pernah mengatakan akan melakukan aksi bersih-bersih demi mengoptimalkan kinerja SKK Migas.

“Saya akan benahi mulai dari internal SKK Migas, hingga hubungan antara SKK Migas dengan KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) dan juga KKKS dengan perusahaan Kontraktor. Struktur keuangan SKK Migas juga akan saya benahi agar lebih efisien dan efektif,” kata Amien beberapa waktu lalu.

(Baca juga: Kepala SKK Migas Harus Selektif Pilih Tim) (gen)