Valentino Rossi Masuk Daftar Skandal Pajak Swiss Leaks

Giras Pasopati, CNN Indonesia | Minggu, 15/02/2015 12:51 WIB
Valentino Rossi Masuk Daftar Skandal Pajak Swiss Leaks Pebalap Yamaha MotoGP, Valentino Rossi mengangkat trofi di podium setelah kejuaraan Jepang di sirkuit Twin Ring Motegi, Tokyo, 12 Oktober 2014. (REUTERS/Toru Hanai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap motor asal Italia, Valentino Rossi masuk dalam daftar orang yang diduga tersangkut skandal pajak internasional dengan cara membuka akun rekening HSBC Bank di Swiss atau yang dikenal sebagai Swiss Leaks.

Valentino Rossi adalah Juara Dunia MotoGP beberapa kali. Dia adalah salah satu pengendara sepeda motor yang paling sukses yang pernah ada, dengan sembilan kali meraih Grand Prix Kejuaraan Dunia. Pada tahun 2007, pemerintah Italia menyelidiki Rossi sebagai tersangka penggelapan pajak berdasarkan keputusannya untuk tinggal di London pada 2000.

Kemudian, pada tahun 2008, Rossi dan otoritas pajak pemerintah Negeri Pizza tersebut mengatakan dirinya telah mencapai kesepakatan untuk menyelesaikan kasus ini. Penyelesaian itu membuat pebalap yang dikenal dengan sebutan "The Doctor" itu untuk membayar 19 juta euro.


Menurut catatan International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ), Valentino Rossi diketahui menjadi klien dari HSBC pada tahun 2003. Dia memegang rekening klien bernama "Kikiki 62" yang terdaftar di dua rekening bank. Bersama-sama, kedua akun tersebut memiliki sebanyak US$ 23,9 juta pada 2006/2007.

“Pengacara Valentino Rossi mengatakan kepada ICIJ bahwa kliennya telah menjelaskan situasi dengan otoritas pajak Italia, dan membayar kembali sekitar 30 juta euro. Sang pengacara mengatakan bahwa semua rekening bank asing Rossi sudah dibereskan,” tulis keterangan resmi ICIJ yang dikutip pada Minggu, (15/2).

ICIJ mencatat, Italia menduduki posisi 7 dalam negara yang tersangkut dengan skandal pajak Swiss Leaks dengan total nilai mencapai US$ 7,5 miliar. Sementara jumlah rekening tersangkut yang memiliki dana terbanyak sebesar US$ 1,2 miliar.

Lebih lanjut, data ICIJ mengungkapkan, sebanyak 5.687 akun klien yang tersangkut telah dibuka sejak tahun 1969 hingga 2006. Jumlah akun klien tersebut terkait dengan 9.095 akun rekening bank.

Namun, Valentino Rossi tidak sendiri. ICIJ mencatat terdapat dua orang Italia lainnya yang tersangkut skandal pajak Swiss Leaks ini. Kedua orang tersebut adalah Flavio Briatore dan Valentino Garavani. Flavio dikenal bisnisnya terkait dengan Formula One World Championship, termasuk Formula FB Bisnis Ltd, sebuah perusahaan yang berbasis di British Virgin Islands. Sementara Valentino secara internasional dikenal dengan nama pertamanya, “Valentino” sebagai perancang busana favorit yang terkenal di dunia. (gir/gir)