Laporan Pencurian Ikan Kini Bisa Melalui SMS ke Menteri Susi

Gentur Putro Jati, CNN Indonesia | Senin, 16/02/2015 12:15 WIB
Laporan Pencurian Ikan Kini Bisa Melalui SMS ke Menteri Susi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya keras untuk menekan jumlah pencurian ikan di perairan Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan meminta peran serta masyarakat untuk membantu melaporkan tindak kejahatan tersebut melalui layanan pesan singkat (SMS).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti telah menginstruksikan pejabat di kementerian untuk memfasilitasi laporan melalui SMS dari masyarakat terhitung mulai pekan ini.

“Perkembangan informasi kami gunakan untuk mempermudah masyarakat memberikan laporan, kritik, dan juga saran yang membangun untuk KKP,” bunyi siaran pers dari KKP dikutip Senin (16/2).


KKP mendorong masyarakat untuk segera melaporkan hal-hal di lapangan yang terkait dengan sektor laut dan perikanan ke nomor 0812-8613-0101.

“Sebelum menulis pesan, gunakan format nama#kota#isi pesan yang dimaksud. Kami akan menindaklanjuti laporan, kritik, dan juga saran dari masyarakat,” ujar siaran pers tersebut.

Selain bisa melayangkan laporan melalui SMS, KKP telah lebih dulu membuka layanan pengaduan masyarakat melalui laman kkp.go.id, serta twitter @KemenKP yang saat ini baru memiliki 4.135 pengikut.

Bahkan pada 13 Januari 2015 lalu, Menteri KKP Susi Pudjiastuti mengaku sudah membuat akun pribadi yaitu @susipudjiastuti dengan jumlah pengikut 79 ribu orang.

“Dengan akun tersebut masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan aspirasi dan pengaduan atau sekedar bertegur sapa dengan Ibu Susi”, kata Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi Lilly Aprilya Pregiwati. (gen)