OJK Masif Gelar Kampanye Keuangan Syariah

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Senin, 01/06/2015 14:31 WIB
OJK Masif Gelar Kampanye Keuangan Syariah Logo perbankan syariah di salah satu bank swasta, Jakarta, Selasa (9/9). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melansir bakal menggelar kampanye keuangan syariah nasional bertajuk 'Aku Cinta Keuangan Syariah' (ACKS) dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap industri jasa keuangan bernafas islami tersebut. Sedianya, program yang akan melibatkan seluruh pelaku industri keuangan syariah mulai dari perbankan, lembaga keuagan non-bank, pelaku pasar modal syariah, hingga industri kreatif dan usaha kecil itu akan diselenggarakan tanggal 13 dan 14 Juni di Pasar Rakyat Syariah.

"Kegiatan Pasar Rakyat Syariah sendiri dilakukan untuk mengatasi terbatasnya pemahaman masyarakat terhadap industri keuangan syariah. Khususnya perbankan syariah," kata Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK Ahmad Buchori di Gedung Radius Prawiro kompleks Kantor BI, Jakarta, Senin (1/6). 

Ahmad berharap, adanya kegiatan Pasar Rakyat Syariah juga dapat meningkatkan pembiayaan industri perbankan syariah yang tahun ini ditargetkan mencapai 5 persen.
"Dengan begitu pemahaman dan kesadaran masyarakat atas perbankan syariah akan semakin meningkat yang pada akhirnya," ujarnya.


Dari agenda yang dijadwalkan, gelaran Pasar Rakyat Syariah akan didahului serangkaian kegiatan pre-event meliputi CEO Sharia Greeting, roadshowsharia goes to campus, business matching, hingga community gathering dan rangkaian program publikasi. 

Selanjutnya, Pasar Rakyat Syariah pun akan dilengkapi oleh program pendukung kampanye seperti expo keuangan syariah, 5K OJK Fun Run, Peluncuran Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia, hingga Pemecahan Rekor Musium Rekor Indonesia (MURI) untuk dukungan terhadap ACKS Terpanjang (1000 meter), serentak dilakukan di 7 Kota: Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makasar, dan Balikpapan. (dim/ags)
ojk