Pangkas Objek PPnBM, Menkeu Incar Peningkatan Setoran PPh

Elisa Valenta Sari, CNN Indonesia | Kamis, 11/06/2015 15:51 WIB
Pangkas Objek PPnBM, Menkeu Incar Peningkatan Setoran PPh Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro. (AN
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro memiliki alasan sendiri dengan membuat keputusan mencoret sejumlah barang dari daftar objek pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Menurut Bambang dengan membuat harga barang di masyarakat menjadi lebih terjangkau tanpa dikenakan PPnBM, industri yang memproduksi atau mengimpor barang tersebut akan menggeliat dan bisa menyetor pajak penghasilan (PPh) yang lebih tinggi ke negara.

“Penghapusan objek itu akan meningkatkan daya beli masyarakat dan diharap mampu mendorong pertumbuhan industri. Contohnya keramik dan saniter. Barang-barang itu sudah bisa di produksi dalam negeri tapi masih kena PPnBM dan ini mengurangi daya saing industri sendiri," kata Bambang di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta, Kamis (11/6).

Kebijakan yang akan dituangkan Bambang dengan merevisi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 130/PMK.011/2013 itu menurutnya juga diharapkan bisa membuat perusahaan-perusahaan yang menjual maupun memproduksi barang-barang tersebut tidak lagi berusaha menggelapkan pajak.


“Tidak perlu ada lagi upaya dan usaha menggelapkan pajak. Karena target lainnya adalah meningkatkan kepatuhan wajib pajak,” ujarnya. (gen)