ASDP: Malam Ini, Pelabuhan Gilimanuk dan Merak Padat Pemudik

Agust Supriadi, CNN Indonesia | Selasa, 14/07/2015 15:01 WIB
ASDP: Malam Ini, Pelabuhan Gilimanuk dan Merak Padat Pemudik Ratusan kendaraan arus mudik yang akan menyeberang ke Sumatera mengantre di Dermaga III Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (11/7). (Antara Foto/Asep Fathulrahman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Bali mencapai puncaknya pada hari ini, Kamis (14/7) atau empat hari menjelang lebaran (H-4).

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat jumlah kendaraan roda dua yang menyebrang ke Pulau Jawa lewat Pelabuhan Gilimanuk tercatat sebanyak 6.145 unit atau meningkat sekitar 14 persen dari hari sebelumnya (H-5). Sedangkan jumlah kendaraan roda dua yang melintas pelabuhan itu mencapai 14.999 unit, naik sekitar 4 persen dibandingkan kemarin.

Sementara untuk jumlah penumpang yang menyebarang lewat pelabuhan yang sama tercatat 62.881 unit, turun sekitar 1 persen dibandingkan penyebrangan Senin (13/7).


"Untuk sementara, titik tertinggi arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk terjadi pada H-4," ujar Sekretaris Perusahaan ASDP, Christine Hutabarat melalui pesan singkat, Selasa (14/7).

GM ASDP Indonesia Ferry Ketapang, M. Yusuf Hadi memperkirakan peningkatan arus kendaraan diperkirakan masih akan tinggi pada H-3, terutama untuk jenis kendaraan roda dua.

Mengacu pada data arus mudik tahun lalu,  capaian pemudik Bali ke Jawa hingga H-4  tahun ini telah mencapai sekitar 82 persen untuk penumpang. Sedangkan untuk kendaraan roda dua yang menyebrang diperkirakan sudah sebesar 72 persen dan kendaraan roda empat sebesar 93 persen.

"Hingga saat ini cuaca di Selat Bali cerah berangin dan sedikit berombak," tutur Yusuf Hadi.

Sementara dari Pelabuhan Merak, ASDP melaporkan sejak H-7 hingga jam 08.00 WIB pagi ini (14/7) pemudik yang menyebrang sebanyak 287.944 penumpang, 22.347 unit motor, dan 36.804  unit mobil.

Mengacu pada prediksi perseroan, secara kumulatif arus mudik yang terjadi di Pelabuhan Merak baru sekitar 45 persen untuk penumpang, 35 persen untuk motor, dan 51 persen untuk mobil.

Menurut Christine, sejak H-7 hingga H-4, Pelabuhan Merak telah menyeberangkan 631.816 penumpang, 63.546 motor, dan 71.416 kendaraan campuran.

"Mengacu pada data tahun lalu, hingga pagi ini pemudik yang sudah menyebrang rata-rata di bawah 45 persen. Artinya banyak sekali pemudik yang akan lewat Merak mulai hari ini dan besok H-3 dan H-2, apalagi jika ditambah prediksi penambahan pemudik yang lebih dari 6 persen," jelasnya.

Menurut prediksi ASDP, malam H-3 akan menjadi arus puncak mudik lebaran 2015 di Pelabuhan Merak sehingga dipastikan kondisinya akan sangat padat.

"Merak akan sangat padat pada malam ini. Kami akan memaksimalkan operasional kapal berkapasitas besar dan mempercepat proses bongkar muat kapal," tuturnya. (ags/ags)