Jokowi Minta Delapan Kawasan Ekonomi Khusus Segera Dihidupkan

Resty Armenia, CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2015 17:12 WIB
Jokowi Minta Delapan Kawasan Ekonomi Khusus Segera Dihidupkan Presiden Jokowi saat meninjau lokasi Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang, Belitung, Babel, Sabtu (20/6). (Dok. Sekretariat Kabinet)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta menteri bidang ekonomi segera menyusun langkah-langkah terobosan untuk menghidupkan delapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru dalam waktu dekat.

"Saya meminta langkah-langkah terobosan segera untuk menghidupkan delapan KEK yang telah ditetapkan," ujar Jokowi dalam rapat terbatas (ratas) di kantornya, Kamis (22/10).

Kedelapan KEK tersebut antara lain KEK Sei Mangkei, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara; KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur; KEK Palu, Kota Palu, Sulawesi Tengah; dan KEK Morotai, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.


Selain itu ada KEK Tanjung Api-api, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan; KEK Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten; KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; dan KEK Belitung, Kota Blitung, Sulawesi Utara.

Jokowi menjanjikan adanya modal yang masuk ke kedelapan KEK tersebut. "Akan ada modal masuk, akan ada arus investasi masuk, sehingga membuka lowongan pekerjaan sebesar-besarnya," kata dia.

 sehingga bisa menjawab keraguan dunia usaha bahwa Indonesia memang benar-benar ingin memberikan kesempatan dan kemudahan dalam menjalankan usaha kepada mereka.

"Dan satu lagi, pemerintah perlu memberikan fasilitas dalam rangka pengelolaan sumber daya air pascakeputusan MK (Mahkamah Konstitusi), khususnya dalam hal pengelolaan air oleh para pengusaha yang berinvestasi di Indonesia," ujarnya. (gen)


ARTIKEL TERKAIT