Garuda Indonesia Beroperasi Penuh di Terminal 3 Mulai 15 Juni

Gentur Putro Jati, CNN Indonesia | Rabu, 08/06/2016 13:18 WIB
Garuda Indonesia Beroperasi Penuh di Terminal 3 Mulai 15 Juni Pengoperasian terminal 3 ultimate sesuai dengan target sebelum lebaran tahun ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II berencana mengoperasikan Terminal 3 Ultimate secara penuh mulai 20 Juni 2016 dengan melakukan beberapa penyesuaian jadwal penerbangan. Terminal seluas 422.804 meter persegi yang dibangun AP II dengan biaya Rp7 triliun tersebut, nantinya akan menjadi basis operasi PT Garuda Indonesia Tbk dan seluruh maskapai penerbangan internasional.

Dikutip dari risalah rapat 30 Mei 2016 antara AP II dengan seluruh maskapai yang saat ini beroperasi dari terminal 3, diketahui bahwa Garuda Indonesia akan melayani penerbangan domestik dan internasional dari terminal tersebut mulai 15 Juni 2016. Setelah sebelumnya menggunakan terminal 2E dan 2F.

Sebagai konsekuensi dari rencana tersebut, PT Indonesia AirAsia yang tadinya beroperasi dari terminal 3, harus bersedia pindah ke terminal 2E dan 2F yang sebelumnya digunakan Garuda.


Tidak hanya itu, AP II juga diketahui berencana memindahkan basis operasional PT Sriwijaya Air dan anak usahanya NAM Air dari terminal 1B ke terminal 2F pada 22 Juni 2016. Berbarengan dengan pemindahan penerbangan PT Lion Air dari Denpasar, Yogyakarta, Semarang, dan Solo yang sebelumnya menuju terminal 3, menjadi ke terminal 1B.

Sementara di awal 2017 nanti, AP II melanjutkan bongkar pasang basis operasi maskapai PT Citilink Indonesia dan PT Batik Air dari terminal 1C ke terminal 2D dan 2E.

“Akan tetapi pengoperasian terminal baru tersebut menunggu commissioning final yang akan dilaksanakan Garuda Indonesia dan izin operasi dari Kementerian Perhubungan,” ujar Head of Corporate Secretary & Legal Angkasa Pura II Agus Haryadi, Rabu (8/6).

Agus menyebutkan, pengoperasian terminal 3 ultimate ini sesuai dengan target sebelum lebaran tahun ini. Sehingga para penumpang Garuda dapat menikmati mudik dari terminal baru dengan segala kecanggihan teknologi yang diterapkan di dalamnya.

“Namun untuk maskapai selain Garuda, beredarnya informasi akan ada perpindahan terminal itu tidak benar. Kami akan selalu menginformasikan lebih awal apabila akan mengubah lokasi terminal,” tegasnya.

Oleh karena itu, Agus mengimbau kepada setiap calon penumpang untuk mencari informasi akurat sebelum melakukan penerbangan, dengan menghubungi maskapai yang digunakan atau ke contact centre Angkasa Pura II di nomor 1500-138. (gen)