Sampai Mei, Gaikindo Baru Penuhi 41,7 Persen Target Penjualan

Yuliyanna Fauzi, CNN Indonesia | Rabu, 08/06/2016 20:28 WIB
Sampai Mei, Gaikindo Baru Penuhi 41,7 Persen Target Penjualan Ketua Umum Gaikindo Johannes Nangoi berharap penjualan di paruh kedua 2016 bisa menutupi rendahnya penjualan di semester I. (Dok. Gaikindo).
Jakarta, CNN Indonesia -- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat jumlah penjualan mobil secara nasional dari Januari 2016 hingga Mei 2016 telah mencapai angka 438 ribu unit. Angka tersebut baru memenuhi 41,71 persen target penjualan tahun ini sebanyak 1,05 juta unit mobil.

“Sampai April atau 4 bulan pertama sudah sampai 350 ribu unit. Nah, di Mei ini, kami mencatat ada penambahan sebanyak 88 ribu unit. Jadi jumlahnya sampai Mei sebanyak 438 ribu unit," papar Ketua Umum Gaikindo Johannes Nangoi, Rabu (8/6).

Mantan Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menyatakan dirinya belum bisa memastikan apakah sampai akhir tahun seluruh anggotanya mampu memenuhi target penjualan 2016 yang ditetapkan asosiasi sebelumnya.


Dari data penjualan yang dimiliki Gaikindo, Johannes menilai bahwa penjualan Mei sebenarnya tidak mengalami penurunan atau kenaikan sehingga angka rata-rata penjualan masih stabil dikisaran 88 ribu unit. Ia hanya berharap, penjualan di paruh kedua 2016 bisa menutupi rendahnya penjualan di semester I.

"Biasanya second half itu lebih baik ya. Jadi kalau 438 ribu unit per lima bulan itu berarti rata-rata tiap bulan bisa sekitar 88 ribu unit dan kalau dikali 12 bulan rasanya masih bisa mencapai target kok. Agak berat sih tapi bisa," ungkap Johannes.

Ia menambahkan, kalau pun target penjualan tidak tercapai, Johannes dan Gaikindo akan fokus untuk memastikan jumlah penjualan melewati raihan tahun lalu, yakni sekitar 1.013 ribu unit. (gen)