Tujuh Jurus Pertamina Siapkan Pasokan BBM Hadapi Arus Mudik

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Jumat, 08/07/2016 16:41 WIB
Pertamina menggandeng pihak terkait, seperti Kepolisian, Kementerian Perhubungan, untuk memastikan layanan antaran BBM kepada masyarakat berjalan optimal. Ilustrasi arus mudik lebaran 2016. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa).
Jakarta, CNN Indonesia --
PT Pertamina (Persero) menyiapkan tujuh jurus ampuh untuk mengamankan pasokan bahan bakar minyak (BBM) hadapi arus mudik yang diperkirakan berlangsung mulai hari ini hingga 10 Juli 2016 nanti.

“Kami melakukan persiapan-persiapan terbaik untuk hadapi arus balik nanti. Kami berharap, semua langkah persiapan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik,” ujar Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication Pertamina, Jumat (8/7).

Salahsatu persiapan Pertamina, sambung dia, yakni menggandeng pihak terkait, seperti Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan, dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) untuk memastikan layanan antaran BBM kepada masyarakat berjalan optimal.


Harap maklum, dalam melancarkan aksi mengantar BBM ke pengendara di tengah kemacetan jalan, Pertamina kerap terkendala dengan kepadatan dan ruas jalan yang kelewat penuh dengan kendaraan pemudik.

Adapun, sejumlah langkah krusial disiapkan Pertamina untuk hadapi arus balik Lebaran 2016, khususnya untuk wilayah-wilayah padat arus balik. Antara lain, Brebes, Tegal, dan Cikampek yang menjadi titik pertemuan kendaraan pemudik dari jalur Selatan, Utara dan Timur. Jalur-jalur ini akan menjadi fokus perhatian Pertamina.

Langkah pertama, yakni Pertamina akan menambah armada mobil tangki BBM beserta awak sebanyak 25 pasangan untuk dapat secara bergantian beroperasi 24 jam. Kedua, penambahan jumlah petugas juga dilakukan pada operasional TBBM, termasuk petugas lapangan, pemantauan pasokan dan kondisi lalu lintas.

Ketiga, kata Wianda, Pertamina juga menambah cadangan BBM berbagai jenis di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) hingga maksimal. Keempat, BBM dalam kemasan yang menjadi favorit pemudik akan diperbanyak hingga lebih dari 55 kiloliter (KL), sembari mempersiapkan pengisian ulang sedekat mungkin dengan titik-titik pasokan atau penjualan.

Sebanyak 13 titik kios Pertamax di Pantura dan jalur selatan dioperasikan, baik untuk arus mudik dan balik dengan muatan masing-masing kios sebanyak 200-400 kemasan.

Kelima, mobil dispenser BBM sebagai SPBU bayangan beroperasi tiga unit, mulai dari Pintu Masuk Tol Brebes Timur, Pertigaan Pantura Pejagan, Pertigaan Pantura Ketanggungan-Jatibarang yang berisi 6.000 liter, 10.000 liter dan 16.000 liter Pertamax. Keenam, mobil pick up dan pasukan motor juga akan diperbanyak. 

"Terakhir, kerja sama dengan kepolisian untuk dapat menambah kekuatan personil untuk pengawalan distribusi BBM, termasuk penjagaan dan pengaturan di SPBU, seperti mencegah pedagang eceran BBM liar,” terang Wianda.

Tidak cuma itu, Pertamina juga menyiapkan minuman dan makanan ringan Bright gratis sebanyak 4.200 paket. Pembagian paket akan dilakukan mulai Jumat hingga Minggu, pada pekan ini dan tersebar di tujuh titik SPBU. “Semua persiapan dilakukan oleh Pertamin demi memberikan rasa nyaman kepada masyarakat yang mudik,” pungkasnya.



(bir/bir)