Terdepak, Saleh Husin Tetap Sambangi Pelantikan Menteri Baru

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 27/07/2016 19:05 WIB
Terdepak, Saleh Husin Tetap Sambangi Pelantikan Menteri Baru Saleh Husin (kanan) menganalogikan reshuffle kabinet layaknya pergantian pemain di tim sepak bola yang dilakukan demi memenangkan pertandingan. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia -- Saleh Husin menjadi satu-satunya mantan menteri yang menghadiri pelantikan menteri hasil perombakan kedua Kabinet Kerja siang ini. Saleh merupakan salah satu menteri yang terdepak dari kabinet.

"Menteri yang diganti dan hadir mungkin saya saja ya," kata Saleh, Rabu (27/7).

Siang tadi, Presiden Joko Widodo mengumumkan hasil reshuffle kedua kabinet. Selain Saleh, lima menteri juga dicopot dari jabatannya.


Mereka ialah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Berdasarkan pantauan, kelima mantan menteri itu tidak hadir dalam pelantikan sembilan menteri baru di Istana Negara siang tadi. Para menteri baru dilantik sesuai Keppres 83P Tahun 2016 tentang Penggantian Beberapa Menteri Kabinet Kerja periode 2014-2019.

Saleh menuturkan, perombakan jajaran menteri merupakan hal yang wajar. Dia menganalogikannya dengan tim sepak bola. Menurutnya, pergantian pemain kadang diperlukan guna memenangkan pertarungan.

Sehingga dia berharap, Airlangga Hartarto selaku penggantinya sebagai Menteri Perindustrian, dapat memajukan industri di Indonesia.

"Saya berharap Pak Airlangga yang merupakan sahabat saya akan dapat mendorong dan menumbuhkan industri di tanah air," ucap Politikus Partai Hanura ini. (gen)