Jual China Minzhong, Indofood Raup Rp6,32 Triliun

Giras Pasopati | CNN Indonesia
Rabu, 07 Sep 2016 10:10 WIB
Secara kotor, Indofood akan menerima uang tunai sebesar S$416,4 juta dan exchangable bonds senilai S$235,49 juta dari transaksi tersebut. Secara kotor, Indofood akan menerima uang tunai sebesar S$416,4 juta dan exchangable bonds senilai S$235,49 juta dari transaksi tersebut. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Indofood Sukses Makmur Tbk bakal menerima sekitar S$651,9 juta atau setara Rp6,32 triliun (asumsi kurs Rp9.700 per dolar Singapura) dari penjualan kotor mayoritas saham anak usahanya, China Minzhong Holdings Ltd.

Sekretaris Perusahaan, Elly Putranti mengatakan, perseroan telah mengubah struktur transaksi penawaran tender sukarela dengan Marvellous Glory Holdings Ltd. untuk mengakuisisi seluruh saham China Minzhong dengan harga S$1,2 per lembar.

Nantinya, setiap pemegang saham China Minzhong yang menerima transaksi penawaran harus memilih salah satu cara penyelesaian. Pertama, adalah penyelesaian tunai, dimana setiap lembar saham China Minzhong akan dibayar secara penuh dan tunai sebesar S$1,2.

Kedua, penyelesaian kombinasi, di mana setiap lembar saham China Minzhong akan dibayarkan secara tunai sebesar S$0,7665 dan sisanya S$ dibayar dalam bentuk surat utang yang bisa ditukar saham (zero coupon exchangable bonds) senilai S$0,4335.

“Selanjutnya, exchangable bonds akan wajib ditukarkan menjadi saham China Minzhong pada akhir periode penukaran,” tulis Elly dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia, Rabu (7/9).

Setelah terpenuhinya seluruh prasyarat dan pengumuman resmi mengenai transaksi penawaran sudah disampaikan oleh Marvellous, Indofood akan menerima transaksi penawaran dalam periode dan memilik penyelesaian kombinasi sebagai pembayaran.

“Oleh karena itu, Indofood akan menerima uang tunai sebesar S$416,4 juta dan exchangable bonds senilai S$235,49 juta,” jelas Elly.

Ia menjelaskan, Indofood akan menukarkan exchangable bonds pada harga penukaran yang setara dengan harga penawaran menjadi sejumlah 196,25 juta lembar saham China Minzhong, yang mewakili sekitar 29,94 persen dari seluruh saham anak usaha di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Elly menyatakan penjualan saham tersebut dilakukan karena direksi memandang bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang diharapkan atas investasi Indofood di China Minzhong akan lebih lama dari yang diantisipasi.

“Terutama karena kondisi makro ekonomi global yang kurang menunjang termasuk di China,” jelasnya.

Namun demikian, lanjut Elly, direksi tetap percaya pada prospek ekonomi di China dan kinerja China Minzhong untuk jangka menengah dan jangka panjang, serta kemungkinan untuk mewujudkan sinergi antara China Minzhong dan Indofood.

“Oleh karena itu, direksi mengusulkan untuk mempertahankan sebagian kepemilikan saham Indofood di China Minzhong dengan menerima exchangable bonds sebagai bagian dari pembayaran transaksi penawaran,” jelas Elly. (gir/gen)
TOPIK TERKAIT
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER