Sinarmas Land: Separuh Dana Repatriasi Akan Serbu Properti

Safyra Primadhita, CNN Indonesia | Senin, 10/10/2016 16:38 WIB
Sinarmas Land: Separuh Dana Repatriasi Akan Serbu Properti Pekerja menyelesaikan pembangunan hunian vertikal di kawasan Tangerang Selatan, Banten, Senin (18/5). (Antara Foto/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sinar Mas Land optimistis lebih dari separuh dana repatriasi hasil program amnesti pajak akan membanjiri industri properti hingga akhir tahun ini.

Untuk menjaring potensi dana milik para peserta tax amnesty, perusahaan properti yang terafiliasi dengan raksasa industri sawit itu memasarkan bangunan-bangunan komersialnya dengan diskon khusus.

Ishak Chandra, CEO Strategic Development & Services Sinar Mas Land memperkirakan sektor properti akan menampung sekitar Rp70 triliun hingga Rp80 triliun dari total aset repatriasi milik peserta amnesti pajak. Angka ini separuh dari nilai komitmen aset repatriasi yang hingga siang ini sebesar Rp142 triliun.


“Kebanyakan [aset repatriasi] itu akan masuk ke sektor properti residensial dan komersial,” tutur Ishak di pusat perbelanjaan Grand Indonesia, Senin (10/10).

Secara kuartalan, kata Ishak, sektor properti pada kuartal III 2016 telah mengalami pertumbuhan 3 sampai 5 persen. Salah satu faktor utamanya adalah program amnesti pajak.

Menurut Ishak, sektor properti bisa bersaing dengan sektor perbankan dalam menampung aset repatriasi karena tiga alasan. Pertama, sektor properti merupakan investasi yang paling stabil karena bisa mendatangkan penerimaan bulanan jika disewakan, serta nilai asetnya meningkat setiap tahun.

“Kedua, sektor properti merupakan satu-satunya kebutuhan pokok yang bisa dijadikan investasi,” tambahnya

Terakhir, lanjutnya, rata-rata pertumbuhan sektor properti setiap tahunnya cukup tinggi yaitu sekitar 15 hingga 20 persen.

“Jadi saya masih percaya, bahwa sektor properti merupakan salah satu sektor investasi utama,” ujarnya.

Seiring dengan momentum amnesti pajak, Sinar Mas Land menggelar program penjualan khusus bertajuk Sinar Mas Land Price Amnesty mulai hari ini hingga 31 Desember 2016.

Ishak menuturkan, ada sekitar 4900 unit produk residensial Sinar Mas Land di seluruh Indonesia ditawarkan dengan harga khusus selama program ini berlangsung.

“Kisaran harga produknya sekitar Rp500 juta hingga Rp10 miliar,” kata Ishak.

Melalui program ini, jelasnya, konsumen akan mendapatkan potongan harga langsung hingga 20 persen jika membeli properti selama program berlangsung. Untuk merayu calon pembeli, Sinarmas Land juga menjanjikan voucher tunai senilai Rp50 juta dan berbagai hadiah. (ags/gen)