logo CNN Indonesia

Garap LRT Palembang, Waskita Karya Gaet Len Industri

, CNN Indonesia
Garap LRT Palembang, Waskita Karya Gaet Len Industri
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dan PT Len Industri (Persero) melakukan kerja sama dalam hal perencanaan dan fasilitas operasi proyek pembangunan kereta api ringan atau Light Rapid Transit (LRT) Palembang.

Direktur Utama Waskita M. Choliq menjelaskan, kerja sama ini merupakan bentuk sinergi pertama kali yang dilakukan oleh pihaknya dengan sesama Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Pertama kali bagi Waskita Karya sinergi BUMN, semoga awal yang baik ini bisa berkelanjutan," ungkap Choliq.

Sementara, Len Industri sendiri dipilih karena merupakan satu-satunya perusahaan nasional yang memiliki teknologi persinyalan. Dari kerja sama ini, cakupan pekerjaan yang akan dilaksanakan Len tentu saja dalam hal teknologi dari perkeretaapian.

Bila dirinci, cakupan pekerjaan Len yakni, sistem persinyalan (signaling), telecommunication, substation, power rail, OCC dan SCADA, track, platform screen door, system engineering, automatic fare collection (ticketing system), serta signal on depot.

"Ini murni sinergi. Jadi kalau bagi untung kenapa nggak ke saudara sendiri," ungkap M. Choliq, Jumat (25/11).

Sementara, Waskita sendiri akan membangun jalur termasuk konstruksi jalan layang, stasiun, dan fasilitas operasional.

Proyek LRT Palembang, lanjut Choliq dibangun sepanjang 23,4 kilometer (km) yang dikerjakan oleh Waskita mulai Oktober 2015 hingga Juni 2018 atau menjelang berlangsungnya Asian Games. Nilai total kontrak proyek tersebut yakni Rp12,59 triliun.

Secara terpisah, Direktur Utama Len Industri, Zakky Gamal Yasin menyatakan, pihaknya telah memulai pengerjaan dari proyek tersebut. Dari proyek ini, Len mendapatkan nilai kontrak sebesar Rp2 triliun.

Menurut Zakky, proyek dari LRT Palembang ini akan dijadikan pengalaman bagi perusahaan untuk mendukung proyek LRT lain dari segi teknogoli atau khususnya persinyalan. Menurutnya, keunggulan dari Len sendiri terdiri dari mobilisasi yang cepat dan menjadi satu-satunya perusahaan yang mengerjakan fasilitas operasi.

"Mobilisasi kami cepat, dan kami satu-satunya yang mengerjakan fasilitas operasi. Jadi nanti kalau main mantenance lebih cepat. Material sebagian besar sudah lokal," ungkapnya.

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video