Erajaya Targetkan Tambah 40 Gerai Baru Hingga Akhir Tahun Ini

Dinda Audriene Muthmainah, CNN Indonesia | Rabu, 21/06/2017 05:01 WIB
Erajaya Targetkan Tambah 40 Gerai Baru Hingga Akhir Tahun Ini Erajaya mencatat, terdapat 29 gerai baru dalam tiga bulan pertama tahun ini. Gerai tersebut merupakan gerai sendiri dan kerja sama dengan operator lain. (CNN Indonesia/Dinda Audriene Muthmainah)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) berencana menambah sebanyak 40 outlet atau gerai baru hingga akhir tahun ini. Perusahaan juga rencananya akan melakukan renovasi sebanyak 60 gerai pada tahun ini.

Direktur Sim Chee Ping mengatakan, total penambahan gerai perseroan sejak kuartal pertama tahun lalu hingga tiga bulan pertama tahun ini mencapai sebanyak 153 gerai. Dengan demikian, jumlah gerai perseroan saat ini mencapai 729 gerai. 

"153 outlet kerja sama dengan operator. Kami mulai pegang outlet mereka dan outlet kami sendiri," ungkap Ping, Selasa (20/6).

Perusahaan mencatat, terdapat 29 gerai baru dalam tiga bulan pertama tahun ini. Gerai tersebut merupakan gerai sendiri dan kerja sama dengan operator lain. Saat ini, perusahaan tengah melakukan penjajakan dengan salah satu operator untuk membuka gerai baru lebih banyak dari target.


Menurut Ping, jika kerja sama itu terjalin, maka jumlah gerai baru perseroan dapat melebihi pencapaian gerai pada kuartal pertama tahun lalu hingga tahun ini. Ping menyebut, umumnya perusahaan menggelontorkan dana dibawah Rp100 miliar untuk membuka gerai baru setiap tahunnya.

Tak berbeda jauh, perusahaan pada tahun ini juga menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp100 miliar untuk mengembangkan gerai. Ping menyebut, seluruh dana belanja modal akan berasal dari kas internal.

"Peningkatan kinerja working capital lumayan, jadi cukup sehat untuk kami gunakan investasi," ucapnya.

Pada 2016, Erajaya membukukan laba bersih perusahaan sebesar Rp263,75 miliar, naik 16,69 persen dibanding tahun sebelumnya Rp226,02 miliar. Adapun pada kuartal pertama tahun ini, perusahaan membukukan laba bersih sebesar Rp65,36 miliar, naik 7,3 persen  dibanding periode yang sama tahun lalu Rp60,89 miliar.


Lebih lanjut Ping menjelaskan, saat ini manajemen juga telah memiliki beberapa gerai di luar negeri, yaitu Malaysia dan Singapore. Namun, Erajaya juga berencana membuka gerai baru di Singapore. 

"Kami sedang jajaki di Singapore, dengan brand baru. Kami sudah buka Urban Republic dan Era Shop di Malaysia," sambung Ping.


Sekadar informasi, perusahaan telah melakukan kerja sama dengan beberapa pihak operator, seperti Smartfren, Indosar, XL, dan beberapa operator lainnya.  Selain itu, Erajaya juga melakukan kerja sama dengan beberapa merk ponsel pintar, seperti Samsung dan Xiaomi.

Adapun, Ping mengklaim, perusahaan akan meraup untung lebih dari momen Lebaran setiap tahunnya. Umumnya, pendapatan perusahaan akan tumbuh 15-20 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.