Ada Ratusan Ribu Orang Jual Mobil-Motor Bekas Lewat OLX

Dinda Audriene Mutmainah, CNN Indonesia | Kamis, 24/08/2017 09:41 WIB
Ada Ratusan Ribu Orang Jual Mobil-Motor Bekas Lewat OLX Berdasarkan catatan OLX, ada 580 ribu calon pembeli mobil bekas dan 550 ribu calon pembeli untuk motor bekas. (CNN Indonesia/Trisno Heriyanto).
Jakarta, CNN Indonesia -- OLX mencatat sekitar 150 ribu orang menjual mobil dan motor bekas setiap bulannya melalui platform iklan baris online tersebut.

Chief Marketing Officer OLX Indonesia Edward Kilian Suwignjo menyatakan, mobil dan motor menjadi kategori yang paling banyak dicari pengguna OLX.

"Dan lebih dari 150 ribu orang menjual motor bekas setiap bulannya," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (23/8).


Jumlah orang yang menjual melalui OLX ini terbilang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan calon pembeli. Berdasarkan catatan OLX, ada 580 ribu calon pembeli mobil bekas dan 550 ribu calon pembeli untuk motor bekas.

"Jumlah calon pembeli yang sangat besar menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menggunakan OLX," papar Edward.

Tak heran, total transaksi untuk penjualan mobil bekas per bulannya dapat mencapai Rp26 triliun, sedangkan motor bekas sebesar Rp1,5 triliun.

Chief Commercial Officer OLX Indonesia Agung Iskandar menjelaskan, segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) masih menjadi primadona masyarakat Indonesia.

Hal itu terbukti dari porsi iklan mobil MPV pada kuartal II 2017 yang mencapai 45,2 persen. Kemudian, diikuti oleh iklan mobil jenis hatchback sebesar 19,1 persen, dan Sport Utility Vehicle (SUV) sebesar 16,3 persen.

"Peluncuran mobil-mobil baru di segmen MPV pada gelaran GIIAS lalu membuat segmen ini akan tetap merajai jual beli mobil bekas di OLX," kata Agung.

Meski laris, harga rata-rata mobil bekas nyatanya turun hingga 20 persen pada kuartal kedua ini. Namun, penjual masih mengantongi untung karena terjadi peningkatan kecepatan penjualan mobil bekas pada kuartal kedua ini, yakni tiga hari lebih cepat dibandingkan dengan kuartal II 2016.

Tak hanya mobil bekas, berbagai aksesoris mobil juga dijual melalui OLX. Beberapa aksesoris itu, seperti spare part, audio mobil, ban, dan velg. Tercatat, iklan terkait aksesoris tersebut sebesar 129 ribu dan diminati 223 ribu calon pembeli.

Agung menyebut, pola transaksi penjualan motor berbeda dengan mobil karena siklus seseorang berganti motor lebih cepat. Terlihat, seseorang bisa berganti motor dalam periode dua atau tiga tahun.

"Sepeda motor yang terhitung baru, seperti Yamaha NMAX misalnya, menjadi salah satu sepeda motor yang paling diminati di OLX," terang dia.

Sementara, terdapat 81 ribu iklan aksesoris motor dengan jumlah 276 ribu orang yang mencari iklan tersebut. Barang aksesoris motor tersebut, seperti spare part dan helm.