BI: Operasional Bank Lancar Meski ATM Sempat Terganggu

Agustiyanti, CNN Indonesia | Senin, 28/08/2017 06:38 WIB
BI: Operasional Bank Lancar Meski ATM Sempat Terganggu Dari laporan bank-bank yang terkena dampak gangguan satelit Telkom-1, tidak seluruh ATM mengalami gangguan. (ANTARA FOTO/Lucky R.)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bank Indonesia (BI) memastikan operasional bank-bank tetap berjalan lancar meski sempat terjadi permasalahan layanan ATM sejak Jumat (25/8) sore akibat gangguan pada satelit Telkom.

"Kami sebagai otoritas pembayaran, memastikan bank-bank melakukan operasinya tetap lancar dan ATM yang mengalami gangguan harus segera dipindahkan jalurnya," ujar Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara seperti dikutip dari Antara, Minggu (27/8).

Mirza mengaku, pihaknya telah menerima laporan dari bank-bank yang terkena dampak dari anomali Satelit Telkom-1. Berdasarkan laporan tersebut, tidak seluruh ATM mengalami gangguan tersebut.


"Yang terganggu bukan seluruh ATM, tapi sebagian jaringan ATM, karena tidak semuanya menggunakan (jaringan) VSAT," ujarnya.

Mirza memastikan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk telah berupaya mengatasi persoalan ini dan layanan sistem pembayaran tetap berjalan seperti biasa.

"Telkom tentu melakukan effort maksimum untuk memindahkan jalur ke satelit baru," katanya.
Pihaknya pun menurut dia, terus memantau perkembangan pemulihan gangguan tersebut dan terus berkoordinasi dengan perbankan maupun lembaga-lembaga terkini.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Agusman menambahkan, saat ini bank-bank yang mengalami gangguan ATM bersama Telkom sedang melakukan upaya pemulihan.
Tindakan pemulihan yang telah dilakukan, kata dia, adalah dengan mengalihkan koneksi dari satelit yang terganggu ke satelit Telkom 3S ataupun satelit lainnya.