Pemerintah Targetkan Bantu Premi 120 Ribu Peternak

Agustiyanti, CNN Indonesia | Rabu, 20/09/2017 02:00 WIB
Pemerintah Targetkan Bantu Premi 120 Ribu Peternak Saat ini, sebanyak 73 ribu peternak sudah memperoleh bantuan premi Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) dengan jumlah klaim sebanyak 1.127. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pertanian menargetkan dapat memberikan bantuan premi Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) kepada 120 ribu petani. Adapun hingga saat ini, sebanyak 73 ribu peternak telah memperoleh premi asuransi tersebut.

"Dari 120.000 target yang terealisasi sekitar 73 ribuan dengan yang sudah mendapat klaim asuransi sebanyak 1.127 asuransi," ujar Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita, seperti dikutip dari Antara, Selasa (19/9).

Ketut pun berharap pemerintah provinsi juga ikut terlibat dalam pemberian bantuan premi asuransi tersebut. Adapun salah satu provinsi yang sudah terlibat adalah Sumatera Utara. Hingga kini, tercatat sudah terdapat sebenyak 3.120 polis di wilayah tersebut. Dari jumlah tersebut, 139 diantaranya sudah mengklaim.


"Kementan memberi apresiasi ke Sumut karena merupakan salah satu yang terbesar dalam penyerapan program asuransi usaha ternak ini," katanya.

Dengan banyaknya usaha ternak yang diasuransikan, peternak diharapkan semakin sejahtera sehingga tetap semangat menjalankan usahanya.

Dia mengakui, Sumut termasuk salah satu harapan pemerintah pusat untuk membantu Indonesia dalam mencapai swasembada daging 2026.

Gubernur Sumut HT Erry Nuradi mengatakan, Sumut terus berkomitmen mendukung program pemerintah pusat meningkatkan populasi ternak seiring dengan terus meningkarnya permintaan terhadap produk peternakan terutama daging.

"Bantuan 1.196 ekor sapi potong untuk 144 kelompok peternak yang ada di Sumut misalnya merupakan salah satu bukti komitmen untuk mencapai swasembada daging di 2020," katanya.
(agi/agi)