Pergantian Pemegang Saham Bank Danamon Tunggu Hasil Negosiasi

Lavinda, CNN Indonesia | Kamis, 09/11/2017 13:57 WIB
Pergantian Pemegang Saham Bank Danamon Tunggu Hasil Negosiasi PT Bank Danamon Indonesia Tbk membenarkan bahwa pemegang saham pengendali perseroan telah memperoleh penawaran pembelian saham dari investor. (Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Bank Danamon Indonesia Tbk membenarkan bahwa pemegang saham pengendali perseroan telah memperoleh penawaran pembelian saham dari Bank of Tokyo Mitshubisi UFJ.

Sekretaris Perusahaan PT Bank Danamon Indonesia Tbk Rita Mirasari menyampaikan, pemegang saham Asia Financial (Indonesia) Pte Ltd telah menerima ungkapan minat (expression of interest) sehubungan dengan saham milik mereka dalam perseroan.

Namun, perseroan menegaskan bahwa saat ini prosesnya masih dalam tahap negosiasi dan belum dapat dipastikan ada kesepakatan transaksi jual beli saham.



"Kami mengerti bahwa ketertarikan tersebut masih bergantung pada hasil negosiasi lebih lanjut dan belum tentu menghasilkan perjanjian yang mengikat, sehingga transaksi belum tentu terlaksana," ungkap Rita melalui Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia, Kamis(9/11).

Dalam keterangan tertulisnya, dia juga mengimbau pemegang saham dan berbagai pihak untuk bersikap prudent dalam melakukan transaksi atas saham perseroan.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Bank of Tokyo Mitshubisi UFJ disebut-sebut akan mengambil alih 40 persen saham Danamon melalui kepemilikan BUMN asal Singapura, Temasek.

Nilai akuisisi diperkirakan mencapai 200 miliar yen atau setara Rp23,7 triliun.


Seorang sumber seperti dikutip Reuters menyebutkan, BTMU berencana merampungkan kesepakatan awal pada tahun ini dan berharap bisa merampungkan proses transaksi pada April 2019.

Menanggapi hal itu, Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK Heru Kristiyana mengaku belum menerima permohonan izin rencana akusisi dari BTMU. Sesuai aturan, BTMU seharusnya mengajukan izin kepada OJK dan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) sebagai pemegang saham pengendali sebelum mengeksekusi pembelian saham.

(lav/bir)