Sri Mulyani dan Asman Abnur 'Lempar Bola' Soal Bos Pajak Baru

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 29/11/2017 18:04 WIB
Sri Mulyani dan Asman Abnur 'Lempar Bola' Soal Bos Pajak Baru Sri Mulyani dan Asman Abnur bungkam soal penunjukan direktur jenderal pajak baru yang akan menggantikan Ken Dwijugiasteadi. (CNN Indonesia/Christie Stefanie).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Asman Abnur menutup rapat-rapat mulut mereka saat ditanyai mengenai pengganti Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi yang bakal pensiun bulan depan.

Padahal, baik Sri Mulyani maupun Asman Abnur siang tadi telah rapat bersama Presiden Joko Widodo dalam Tim Penilaian Akhir (TPA) membahas pengganti Ken.

Awalnya, Sri Mulyani keluar terlebih dahulu. Namun, ia bergegas cepat menuju mobilnya dan enggan mengonfirmasi kabar penunjukan Robert Pakpahan sebagai bos baru pajak.


"Sama pak Asman saja," ujar Sri Mulyani sambil tersenyum dan meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (29/11).

Hal serupa juga dilakukan Asman Abnur yang keluar belakangan dan harus mendampingi Jokowi rapat bersama menteri terkait lainnya. Bola panas itu dilemparkan kembali kepada Sri Mulyani.

"Tanya bu menkeu saja," ucap Asman singkat.

Sebelumnya, Jokowi dikabarkan kemungkinan besar menunjuk Robert Pakpahan yang saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan untuk menggantikan Ken.

Seorang sumber di lingkungan sekretariat wakil presiden memastikan jabatan dirjen pajak baru akan diputuskan melalui penunjukan langsung oleh Presiden Jokowi. Saat ini, nama calon petinggi kolektor pajak itu diajukan ke TPA. (bir)