Capital Inflow Bikin IHSG Bergairah Jelang Libur Natal

Dinda Audriene Mutmainah, CNN Indonesia | Jumat, 22/12/2017 08:00 WIB
Analis memprediksi IHSG akan bergerak hingga di kisaran 6.212 karena volume beli yang meningkat dan masuknya dana asing ke pasar modal. Analis memprediksi IHSG akan bergerak hingga di kisaran 6.212 karena volume beli yang meningkat dan masuknya dana asing ke pasar modal. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi mengakhiri pekan ini di teritori positif ditopang oleh penambahan volume beli yang meningkat signfikan.

Analis Oso Sekuritas Riska Afriani mengungkapkan, secara teknikal, IHSG berada dalam tren penguatan. Sehingga, mampu mempertahankan posisinya di zona hijau.

"IHSG diperkirakan kembali menguat dengan pergerakan di kisaran 6.210 hingga 6.145," ujarnya dalam risetnya, dikutip Jumat (22/12).


Sementara itu, Analis Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, laju IHSG akan semakin kokoh dengan penambahan dana asing yang masuk (capital inflow) ke pasar modal.

"Capital inflow yang kembali terjadi diharapkan terus berlangsung hingga penghujung tahun," terang William.

Ia memproyeksi, IHSG dapat kembali mencetak rekor tertingginya dan bergerak dengan kisaran 6.023 hingga menembus level 6.212.

Adapun, IHSG kemarin ditutup menguat 1,21 persen ke level 6.183. Hal ini sejalan dengan dana asing yang masuk melalui pasar reguler sebesar Rp392,24 miliar.

Kenaikan ini juga terjadi pasca Fitch Ratings, lembaga pemeringkat internasional, menaikkan peringkat surat utang Indonesia menjadi BBB dari sebelumnya BBB- dengan prospek stabil.

Dari global, bursa saham Wall Street juga bergerak positif. Dow Jones naik 0,23 persen, S&P500 menguat 0,2 persen, dan Nasdaq Composite tumbuh tipis 0,06 persen. (bir)