Konsumsi Rumah Tangga Lesu, Omzet Unilever Cuma Naik 2,9%

Lavinda, CNN Indonesia | Jumat, 02/02/2018 14:14 WIB
Konsumsi Rumah Tangga Lesu, Omzet Unilever Cuma Naik 2,9% PT Unilever Indonesia Tbk membukukan penjualan bersih sebesar Rp41,2 triliun sepanjang 2017, meningkat 2,9 persen dari raihan 2016 yang sebesar 40 triliun. (CNN Indonesia/Giras Pasopati).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Unilever Indonesia Tbk membukukan penjualan bersih sebesar Rp41,2 triliun sepanjang 2017. Angka itu meningkat 2,9 persen dari raihan tahun sebelumnya yang sebesar 40 triliun.

Berdasarkan keterangan tertulis di Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), emiten berkode saham UNVR ini mencatatkan pertumbuhan laba bersih yang signifikan sebesar 9,6 persen menjadi Rp7 triliun sepanjang 2017.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Sancoyo Antarikso mengaku, sektor barang konsumsi mengalami tantangan bisnis pada tahun lalu. Hal itu terbukti dari rendahnya daya beli masyarakat, termasuk tingkat konsumsi rumah tangga.



"Tantangan bisnis pada 2017 adalah rendahnya tingkat konsumsi rumah tangga. Hal ini menekan pertumbuhan industri barang konsumsi di Indonesia," ujar Sancoyo dalam keterangan tertulis, Jumat (2/2).

Kendati demikian, perseroan mengklaim dapat menyesuaikan diri dengan kondisi penuh tantangan dengan menyesuaikan kebutuhan konsumen.

Tak hanya itu, perseroan juga mengaku melakukan efisiensi di semua lini operasi, sehingga dapat memberi nilai tambah dan mengalami pertumbuhan kinerja yang kompetitif.


Di tengah pertumbuhan pasar yang lebih lemah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, perseroan tetap berekspansi pada tahun ini dengan menanggarkan belanja modal Rp1,7 triliun. Nantinya, dana akan digunakan untuk mendukung inovasi selanjutnya. (lav/bir)


BACA JUGA