Uji KIR Gratis Dilaksanakan Sebulan

SAH, CNN Indonesia | Selasa, 06/03/2018 10:39 WIB
Uji KIR Gratis Dilaksanakan Sebulan Menteri Perhubunga Budi Karya Sumadi menyebut bahwa fasilitas pengujian kendaraan bermotor (KIR) dilakukan secara gratis selama satu bulan ke depan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, fasilitas pengujian kendaraan bermotor (KIR) dilakukan secara gratis selama satu bulan ke depan.

Uji KIR akan dilakukan di beberapa kota di Indonesia di antaranya, Tangerang, Jakarta, Bekasi, Bandung dan Surabaya. Untuk jumlah kuota kendaraan yang diuji KIR akan bergantung dari kesiapan masing-masing daerah.

"KIR ini kan berlaku enam bulan, tapi kami akan melakukan selama sebulan ini," ujar Budi Karya di kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Banten, Selasa (6/3).



Budi Karya mengatakan, untuk uji KIR gratis dan subsidi SIM A umum diperkirakan memakan anggaran sebesar Rp15 miliar di seluruh Indonesia.

Anggaran ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Pemerintah (APBN) dan dana tanggung jawab sosial korporasi (Corporate Social Responsibility/CSR).

Direktur Angkutan Multimoda Direktorat Jenderal Perhubungan Kementerian Perhubungan Cucu Mulyana mengatakan, jadwal dari Uji KIR gratis ini akan melihat dari kesiapan Dinas Perhubungan di daerah masing-masing.

"Jadwalnya kami tidak langsung permanen, bergantung dari kesiapan daerah juga. Jadi, nanti udah dijadwalkan kalau kesiapan daerahnya belum pas kan sayang," kata Cucu.


Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang M Saeful Rohman mengungkapkan, pihaknya melayani uji KIR gratis untuk 100 kendaraan bermotor pada hari ini. Apabila hari ini jumlah kendaraan yang melakukan uji KIR masih belum memenuhi kuota, pihaknya akan kembali membuka pelayanan uji KIR gratis kembali esok hari.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com baru ada sepuluh kendaraan yang melakukan uji KIR di UPT PKB Dishub Kota Tangerang. "Kalau memang sampai hari ini tidak terpenuhi akan kami layani juga sampai besok," terang dia.

Adapun hari ini (5/3) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka pengujian KIR gratis di UPT PKB Dishub Kota Tangerang. Budi Karya ikut melakukan UJi KIR sembari berbincang dengan pengemudi kendaraan yang hendak melakukan uji KIR. (bir)