Pertamina Pasok Pertamax di Kota Tuan Rumah Asian Games

Lavinda, CNN Indonesia | Selasa, 10/04/2018 10:48 WIB
Pertamina Pasok Pertamax di Kota Tuan Rumah Asian Games PT Pertamina (Persero) terus mendorong penggunaan BBM berstandar Euro4 yaitu Pertamax Turbo, di daerah yang menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Pertamina (Persero) mengaku mendorong penggunaan bahan bakar minyak berstandar Euro4 yaitu Pertamax Turbo, di daerah yang menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018.

"Kami terus mendorong penggunaan BBM standar Euro4, Pertamina siap menyediakan produk standar Euro4 atau Pertamax Turbo selama perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang," kata Manager External Communication Pertamina Arya Dwi Paramita seperti dikutip dari Antara, Selasa (10/4).

Khusus di wilayah Palembang dan Jambi, alokasi untuk bahan bakar minyak jenis Pertamax Turbo tersebut tercatat sebanyak 1.280 kiloliter. Sebanyak 30 persen di antaranya dialokasikan untuk penggunaan di wilayah Jambi.


"Hal tersebut yang kita tingkatkan dan dipastikan ketersediaannya," katanya.

Saat ini, Pertamina lebih mendorong penggunaan bahan bakar minyak yang memiliki kadar oktan tinggi Euro4 sesuai dengan rekomendasi dari Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) No.P.20/MENLHK/KUM.1/3/2017 tentang baku mutu emisi gas buang kendaraan tipe baru ketegori M, N dan O (Euro4).

Dalam peraturan itu, Kementerian LHK meminta Pertamina memasok BBM setara Euro4 selambatnya Mei 2018, di Palembang, Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Banyuwangi dan Laboan Bajo.

Permintaan itu tertuang dalam surat rekomendasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait dengan penggunaan bakar bensin berkualitas Euro 4 selama penyelenggaraan Asian Games yang akan dihelat pada Agustus 2018.


"Jadi rekomendasinya seperti itu, khususnya Pertamina siap menyediakan bahan bakar standar Euro4 di daerah yang menjadi tuan rumah selama perhelatan Asian Games, kalau masih menggunakan bahan bakar minyak oktan rendah (premium) udara menjadi tercemar," kata dia.

Selain memasok bahan bakar setara Euro4 selama perhelatan Asian Games 2018, pihak Pertamina juga siap memasok bahan bakar beroktan tinggi tersebut selama perhelatan dan pertemuan IMF-World Bank yang akan digelar di Bali pada Oktober 2018.

Standarisasi Euro4 itu digunakan untuk mengurangi polusi udara dari gas hasil pembuangan mesin kendaraan.

BBM berstandar Euro4 memiliki banyak dampak positif, yaitu Euro4 dapat mengurangi polusi udara sehingga kualitas udara semakin baik sehingga udara yang lebih bersih akan menguntungkan semua orang.


Selain itu, program penggunaan bahan bakar setara Euro4 itu sejalan dengan program pemerintah yaitu program Langit Biru yang menghasilkan udara bersih dan sehat untuk dihirup.

"Pertamax Turbo yang memiliki kadar oktan RON 98 menghasilkan emisi karbon maksimal sulfur 50 ppm," katanya menjelaskan.

(Antara/lav)