Jonan Umumkan Empat Jawara Lelang Blok Migas US$44 Juta

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Rabu, 02/05/2018 23:00 WIB
Jonan Umumkan Empat Jawara Lelang Blok Migas US$44 Juta Ilustrasi blok Migas (www.skkmigas.go.id)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengumumkan empat pemenang lelang penawaran langsung wilayah kerja minyak dan gas (WK Migas) 2018 dari lima WK Migas yang ditawarkan sejak 19 Februari 2018 lalu.

Pada Februari lalu, pemerintah telah menawarkan 24 WK Migas Konvensional yang terdiri dari lima WK yang ditawarkan dengan mekanisme penawaran langsung dan 19 WK melalui mekanisme lelang reguler.
Dari lima WK migas yang ditawarkan melalui mekanisme penawaran langsung, sampai dengan batas akhir penyampaian dokumen partisipasi pada 4 April 2018, terdapat lima dokumen partisipasi yang masuk untuk empat WK yaitu, Citarum, East Ganal, East Seram dan Southeast Jambi. Sementara itu, satu WK sisanya East Papua belum diminati.

"Untuk blok East Papua belum ada keputusan pemenang," ujar Jonan saat menghadiri Pembukaan Konvensi dan dan Pameran Indonesian Petroleum Association (IPA) ke-42 Tahun 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (2/5).


Atas penetapan empat pemenang lelang tersebut, pemerintah mendapatkan nilai investasi komitmen pasti mencapai US$44,65 juta dengan total bonus tanda tangan sebesar US$3,25 juta.

Dari keempat WK yang laku, komitmen investasi terbesar berasal ENI Indonesia Ltd untuk WK East Ganal yang mencapai US$35,35 juta dan bonus tanda tangan sebesar US$1,5 juta.

Sementara itu, nilai komitmen investasi pasti terkecil dialokasikan untuk WK East Seram oleh Lion Energy Limited. Nilai komitmen investasi pasti Lion hanya US$900 ribu dengan bonus tanda tangan US$500 ribu.
Penetapan pemenang tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) atas nama Menteri ESDM Nomor 0113.K/13/DJM.E/2018 tanggal 27 April 2018. Semua hasil lelang tersebut akan menggunakan kontrak migas skema gross split.

Sedangkan, satu WK yang belum ada peminat yaitu East Papua menjadi Wilayah Kerja Available dan dapat ditawarkan kembali pada periode penawaran WK Migas selanjutnya.

Selanjutnya, 19 Wilayah Kerja Konvensional lainnya yang ditawarkan melalui mekanisme lelang reguler saat ini masih berlangsung sampai dengan tanggal 19 Juni 2018 dan masih terbuka peluang untuk berpartisipasi pada lelang tersebut.

Berikut rincian pemenang WK penawaran langsung:
1. WK Citarum dimenangkan oleh Konsorsium PT. Cogen Nusantara Energi - PT. Green World Nusantara. Nilai komitmen investasi pasti US$3,75 juta dan bonus tanda tangan US$750 ribu.

2. WK East Ganal dimenangkan oleh ENI Indonesia Ltd. Nilai komitmen investasi pasti US$35,35 juta dan bonus tanda tangan US$1,5 juta.

3. WK East Seram dimenangkan oleh Lion Energy Limited. Nilai komitmen investasi pasti US$900 ribu dan bonus tanda tangan US$500 ribu.

4. WK Southeast Jambi dimenangkan oleh Konsorsium Talisman West Bengara B.V - MOECOSouth Sumatra Co., Ltd. Nilai komitmen investasi pasti US$4,65 juta dan bonus tanda tangan US$500 ribu. (lav/lav)