63 Titik KiosK Pertamax Disebar di Jawa dan Sumatra

Dinda Audriene Muthmainah, CNN Indonesia | Senin, 04/06/2018 07:35 WIB
63 Titik KiosK Pertamax Disebar di Jawa dan Sumatra Pertamina juga memaksimalkan layanan transaksi di SPBU selama masa mudik lebaran menggunakan aplikasi digital, seperti T-Cash. (CNN Indonesia/ Safyra Primadhyta)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Pertamina (Persero) menyiapkan 63 titik Kios Bahan Bakar Minyak (BBM) Kemasan atau KiosK Pertamax di jalur mudik Jawa dan Sumatra, baik tol maupun non tol.

VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menuturkan 57 dari 63 KiosK itu akan disebar di beberapa titik di jalur mudik Jawa. Sisanya sebanyak enam KiosK berada di jalur mudik Sumatra.

"63 titik KiosK Pertamax di area Jawa dan Sumatra untuk menghadapi libur panjang Hari Raya Idul Fitri 2018. Stand KiosK Pertamax juga akan hadir di beberapa ruas tol fungsional yang akan dilalui pemudik," papar Adiatma dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (3/6).



Perusahaan pelat merah ini menempatkan KiosK di beberapa ruas tol fungsional, seperti tol Pejagan-Pemalang Gerbang Tol (GT) Kertasari KM294, tempat peristirahatan (rest area) KM275, dan rest area tol Gandulan.

Tol fungsional bisa dikatakan sebagai ruas tol yang sebenarnya masih dalam tahap pembangunan tetapi sudah mencapai finalisasi. Sehingga, kata Adiatma, pengemudi roda empat masih akan menemukan alat berat di jalan tol fungsional tersebut.

"Namun itu menjadi salah satu tantangan perseroan untuk melayani pelanggan secara maksimal saat arus mudik nanti," sambung Adiatma.

Selain menyiapkan KiosK Pertamax selama mudik Lebaran, Pertamina juga meningkatkan layanan transaksi di SPBU menggunakan aplikasi digital, seperti T-Cash.


Menurut Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid, pembayaran digital ini akan memangkas waktu pembayaran menjadi hanya hitungan detik. Dengan begitu, jumlah antrean kendaraan pun bisa diminimalisir.

"Saat ini, layanan cashless melalui T-Cash sudah tersedia pada 57 SPBU di Indonesia," pungkas Mas'ud. (ayp/ayp)