Tol Bocimi Difungsikan Untuk Lebaran 2018

Agus Triyono, CNN Indonesia | Jumat, 08/06/2018 17:44 WIB
Tol Bocimi Difungsikan Untuk Lebaran 2018 Ilustrasi Tol Bocimi. (Foto: ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono akan memfungsikan Tol Bogor - Ciawi- Sukabumi (Bocimi) Seksi I Ciawi- Cigombong untuk melayani kegiatan mudik Lebaran 2018 ini. Panjang ruas yang akan difungsikan 15,3 kilometer.

Pemanfaatan jalan tersebut untuk mudik Lebaran akan mulai dilaksanakan usai Salat Jumat (8/6). Basuki mengatakan kondisi jalan yang akan difungsikan tersebut secara umum sudah layak.

"Pembangunan seksi I ini sudah 89 persen, jalan sudah mantap dan tengah pemasangan kelengkapan rambu dan marka jalan, makanya difungsikan tanpa tarif, " katanya dalam pernyataan yang dikeluarkan kamis (7/6).



Basuki mengatakan agar fungsional tol tersebut untuk kegiatan mudik lebaran bisa optimal, kendaraan yang diperbolehkan melintas dibatasi hanya kendaraan pribadi. Kecepatan juga dibatasi maksimal 40 kilometer per jam.

Selain itu, kendaraan yang melintas juga diatur. Untuk tanggal 8-14 Juni, tol hanya difungsikan bagi kendaraan dari Jakarta menuju Sukabumi

Sementara itu untuk tanggal 15- 24 Juni, kendaraan yang bisa hanya boleh dari Sukabumi ke Jakarta. Basuki berharap fungsional tol tersebut nantinya bisa memangkas waktu tempuh Ciawi- Cigombong dari yang saat ini mencapai 1- 2 jam menjadi tinggal 20 menit saja.

(agt/bir)