H+4 Lebaran, Aktivitas Jual Beli di Tanah Abang Masih Sepi

SAH, CNN Indonesia | Kamis, 21/06/2018 07:57 WIB
H+4 Lebaran, Aktivitas Jual Beli di Tanah Abang Masih Sepi Sebagian pedagang di pasar Tanah Abang sudah mulai buka. Namun, masih sepinya pembeli membuat omzet mereka masih di bawah hari-hari normal. (CNN Indonesia/Setyo Aji Harjanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktivitas di kawasan Pasar Tanah Abang empat hari usai Hari Raya Idul Fitri masih belum kembali normal. Kawasan yang biasanya dipadati pedagang, pembeli, hingga warga yang sekadar melintas masih terbilang sepi.

Pantauan CNNIndonesia.com, lalu lintas sepanjang Jalan Fachrudin hingga Jalan Jati Baru, Tanah Abang lalu lintas pada Rabu (20/6) masih lengang.

"Belum ramai mas di sini mungkin normal lagi baru minggu depan. Biasanya mah macet tapi dari pas Lebaran lancar di sini," terang salah satu Security Zulfikar (55) kepada CNNIndonesia.com, Rabu (20/6).


Gedung-Gedung pasar seperti Blok A, B, C, E, F dan Pusat Mode dan Metro Tanah Abang masih tutup. Sementara sejumlah pedagang di Gedung Blok G sudah buka.

Sebagian besar toko di Pasar Tanah Abang masih tutup pada Rabu (20/6). (CNN Indonesia/Setyo Aji Harjanto)

Puluhan pedagang juga sudah mulai berjualan di trotoar depan gedung Blok G Tanah Abang. Kawasan Jalan Jati Baru yang biasanya padat pun masih lengang. Hanya terdapat beberapa pedagang yang sudah mulai berjualan.


Ayu (52 tahun), pedagang minuman di Jalan Jati Baru menyebut tenda-tenda pedagang di jalan Jati Baru kemungkinan baru akan dibuka pada Jumat (21/6) atau Sabtu (22/6).

"Masih sepi ini, yang dagang masih jarang. Kalau yang di Jalan Baru dibuka tanggal 21 Juni besok, tapi kalau yang di trotoar sudah mulai pada buka," kata dia.

Kendati masih sepi pembeli, Madin (27 tahun) yang berdagang baju anak mencoba peruntungannya dengan berdagang sejak dua hari usai Lebaran. Namun, ia mengaku omzet yang diraihnya masih berada di bawah hari-hari normal.

"Omzetnya masih belum normal, paling satu hari dapat 10 sampai 15 pembeli. Kalau habis Lebaran gini dapat Rp1 juta saja sudah syukur biasanya dapat Rp5 juta sampai Rp6 juta," terang dia.

Namun, hal berbeda dirasakan oleh Irwan (27). Pedagang seragam ini justru mengaku omzetnya meroket kendati kondisi di Pasar Tanah Abang belum normal. Maklum, lapaknya yang menjual baju seragam banyak dicari pembeli menjelang tahun ajaran baru.


"Alhamdulillah omzetnya meningkat dibanding sebelum Lebaran kemarin, sehari bisa sampai Rp10 juta," kata pedagang yang bermarkas di lantai dua Blok G Tanah Abang ini.

Kendati demikian, ia memperkirakan omzetnya bisa kembali meroket hingga Rp30 juta per hari saat aktivitas Pasar Tanah Abang sudah kembali normal pada pekan depan.

Selain pedagang, sejumlah pembeli juga sudah mulai mendatangi pusat perbelanjaan di Pusat Jakarta ini. Nuraini (37) salah satunya. Meski masih sepi pedagang, dia tetap berbelanja ke Pasar Tanah Abang untuk berburu baju dengan harga murah.

"Iya biar dimurahin, makanya saya ke Tanah Abang abis Lebaran gini," katanya.


Baru Normal Dua Minggu Lagi

Manager Pasar Tanah Abang Sunarto menuturkan aktivitas jual beli di Tanah Abang baru akan normal pada dua minggu kedepan. Pasalnya masih banyak pedagang yang pulang mudik ke kampung halamannya masing-masing.

"Tanah Abang lama istirahatnya. Biasanya paling dua minggu lagi lah (normal)," terangnya saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui telepon.

Kendati demikian, Gedung Blok A hingga F sudah mulai buka pada Senin (25/6) mendatang. (agi/bir)