Walt Disney Sepakat Akuisisi 21st Century Fox Rp1.023 Triliun

Agustiyanti, CNN Indonesia | Selasa, 31/07/2018 06:03 WIB
Walt Disney Sepakat Akuisisi 21st Century Fox Rp1.023 Triliun Ilustrasi Walt Disney. (REUTERS/Scott Audette)
Jakarta, CNN Indonesia -- Walt Disney Co akhirnya mencapai kesepakatan untuk mengambil alih 21st Century Fox senilai US$71 miliar atau sekitar Rp1.023 triliun (asumsi kurs Rp14.417 per dolar AS).

Melalui akuisisi tersebut, Disney akan mendapatkan studio film Fox, serta saluran kabel TV National Geographic dan FX (termasuk Avatar dan X-men).

Namun, Disney bakal menjual 22 jaringan olahraga regional Fox, sesuai dengan kesepakatan dengan Departemen Kehakiman AS.



Fox akan membuat Fox News, Fox Sport dan jaringan penyiaran Fox dalam perusahaan terpisah.

Dikutip dari CNN.com, CEO Fox Rupert Murdoch dalam pernyataannya berharap perusahaan gabungan baru ini akan unggul dalam persaingan di industri media dan hiburan.

CEO Disney Bob Iger menyampaikan terima kasih kepada Murdoch dan manajemen Fox karena mempercayakan masa depan bisnisnya.


Kesepakatan yang diberikan pemegang saham kedua perusahaan pada akhir pekan lalu mengakhiri drama panjang atas kepemilikan saham Fox, dan memantapkan status Disney yang sudah memiliki waralaba Lucasfilm, Marvel dan Pixar di Hollywood.

Perjanjian ini sempat menimbulkan keraguan awal musim panas ini, ketika Comcast (CMCSA) mengajukan tawaran balasan dramatis untuk mengambilalih Fox. Setelah Disney menaikkan penawarannya, Comcast kemudian mundur.

Kendati demikian, kesepakatan ini masih perlu ditinjau oleh regulator internasional. (CNN/agt)