BI Fasilitasi WeChat Pay Kerja Sama dengan Bank Lokal

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/10/2018 09:06 WIB
BI Fasilitasi WeChat Pay Kerja Sama dengan Bank Lokal Ilustrasi. (Bobby Yip)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bank Indonesia (BI) mendorong sistem pembayaran digital seperti WeChat Pay dan Alipay untuk bekerja sama dengan perbankan lokal dalam menjalankan operasi mereka di Indonesia. Mereka menyatakan berkomitmen untuk memfasilitasi sistem pembayaran digital agar segera bergandengan tangan dengan perusahaan bank nasional.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara menuturkan WeChat Pay dan Alipay merupakan dua sistem pembayaran yang paling banyak digunakan oleh penduduk China. Dengan banyaknya turis asal China yang datang ke Indonesia, kesempatan tersebut perlu dimanfaatkan untuk mengembangkan sistem pembayaran online.

"Turis dari China ini kan mereka sudah terbiasa untuk membayar menggunakan QR Code, turis China nomor satu jadi bagaimana kami harus fasilitasi itu," ungkap Mirza, Rabu (17/10).


Ia mengatakan jika WeChat Pay dan Alipay sudah bergandengan tangan dengan perusahaan bank lokal, keuntungan perbankan domestik akan semakin meningkat di tengah banyaknya turis China.
"Jadi bagaimana fasilitasi WeChat Pay dan Alipay supaya bank nasional mendapatkan kue dari transaksi turis China tersebut," ujar Mirza.

Lebih lanjut Mirza menjelaskan BI sedang mengatur untuk menerbitkan standarisasi transaksi pembayaran menggunakan fitur kode atau QR Code. "Selama ini kan baru pilot project, nanti (aturan) akan kami keluarkan," tandas Mirza.

Sebelumnya, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Onny Widjanarko mengatakan aturan itu bakal meluncur pada tahun ini. Namun, ia enggan membocorkan lebih detil mengenai aturan main yang akan dituangkan dalam standar QR Code.

Hanya saja, Onny memastikan standarisasi aturan QR Code akan mengikuti patokan internasional. Selain itu, sistem QR Code ala BI juga akan terhubung dengan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).
(aud/agt)