Prabowo Minta Pemerintah Contoh Zambia untuk Kerek Pajak

CNN Indonesia | Rabu, 21/11/2018 15:03 WIB
Prabowo Minta Pemerintah Contoh Zambia untuk Kerek Pajak Calon presiden Prabowo Subianto meminta pemerintah untuk mencontoh Zambia dalam mengerek rasio pajak supaya bisa mencapai 18 persen dari PDB. (Tim Prabowo Subianto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden Prabowo Subianto meminta pemerintah untuk mencontoh Zambia dalam mengerek rasio pajak supaya bisa mencapai 18 persen dari PDB. Saat ini, rasio pajak Indonesia masih di bawah 12 persen.

"Dibandingkan dengan negara lain, rasio pajak mereka lebih besar dari Indonesia. Kebanyakan tak melihat negara Afrika. Padahal mereka lebih baik," ucap Prabowo, Rabu (21/11).

Negara lain yang juga  perlu dicontoh kata Prabowo, adalah Thailand dan Malaysia. Rasio pajak di dua negara tersebut sudah mencapai 18 persen terhadap PDB. Prabowo mengatakan rasio pajak di Indonesia sampai saat ini masih rendah karena upaya pemerintah belum maksimal. 



"Indonesia kehilangan US$60 miliar karena pemerintah tidak mampu menjaga rasio pajaknya, padahal Indonesia bisa mencapai rasio pajak 18-20 persen," tutur Prabowo.

Prabowo mengatakan agar penerimaan pajak bisa terus ditingkatkan, pemerintah juga perlu memperbaiki sistem teknologi perpajakan agar lebih efisien. "Supaya tidak hanya dibebankan kepada orang saja masalah penerimaan pajak," katanya. 

Pemerintah tahun ini menargetkan rasio pajak Indonesia pada akhir tahun bisa mencapai 11,6 persen. Bila terealisasi, maka rasio pajak dalam negeri bisa lebih tinggi 0,9 persen dari akhir tahun lalu.

(aud/agt)