Damri Yakin Digitalisasi Bikin Laba Naik 200 Persen pada 2018

CNN Indonesia | Senin, 26/11/2018 15:19 WIB
Damri Yakin Digitalisasi Bikin Laba Naik 200 Persen pada 2018 Ilustrasi armada Damri. (Dok. DAMRI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perum Damri menargetkan tingkat keuntungan bersih Rp21 miliar pada 2018 ini. Target tersebut naik 200 persen jika dibandingkan perolehan laba sebesar Rp7 miliar yang mereka peroleh pada 2017 lalu.

Direktur Utama Damri Setia N. Milatia Moemin mengatakan target tersebut dibuat berdasarkan upaya perbaikan dan pembenahan yang dilakukan Damri selama 11 bulan belakangan ini. Salah satu pembenahan tersebut dilakukan dengan melakukan program digitalisasi. 

Damri kata Setia, selama 11 bulan sudah berupaya melakukan digitalisasi di 10 kota besar Indonesia. Digitalisasi dilakukan dalam kontrol pendapatan dan biaya. 



"Sebelumnya dilakukan secara manual, sekarang kami lakukan lebih tersistem, inventory, tahu barang dipasang di bus mana, tahu kapan harus ganti," katanya di Jakarta, Senin (26/11).

Setia yakin walau meningkat 300 persen, target keuntungan yang ditetapkan perusahaannya bisa tercapai. Pasalnya,  sampai dengan kuartal III 2018 ini target tersebut sudah berhasil dicapai.  

Damri Bidik Kenaikan Keuntungan 300 Persen di 2018 ini(Dok. DAMRI)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapreasi pencapaian dan perbaikan yang dilakukan Damri tersebut. Dengan pencapaian tersebut, dirinya berharap Damri ke depan dapat memimpin konektivitas darat di Indonesia.

Budi mengatakan tugas Damri memang berat karena mereka menjadi operator moda transportasi bersubsidi. Status Damri tersebut beda dengan penyedia moda transportasi milik swasta.

"Saya mengapresiasi ada pengharagaan yang diterima oleh Damri, tapi ada lagi upaya yang harus lebih kuat untuk memenangkan persaingan," imbuhnya.


(mjs/agt)