Lotte Chemical Bangun Pabrik Rp52,5 Triliun di Cilegon

CNN Indonesia | Sabtu, 08/12/2018 15:06 WIB
Lotte Chemical Bangun Pabrik Rp52,5 Triliun di Cilegon Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lotte Chemical membangun pabrik Rp52,5 triliun di Cilegon. Peletakan batu pertama pembangunan pabrik Lotte tersebut dilakukan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto Jumat (7/12).

Airlangga mengatakan pembangunan pabrik tersebut memberikan manfaat besar. Terkait penciptaan lapangan kerja misalnya, ia memproyeksikan selama pembangunan infrastruktur proyek berlangsung 1.500 orang bisa terserap kerja secara langsung dan 4.000 lainnya secara tidak langsung.

"Industri ini sama pentingnya seperti baja, sebagai mother of industry. Untuk itu, kita perlu menjaganya, menjaga situasi lingkungan dan iklim investasi yang stabil supaya investasinya berjalan baik," katanya seperti dikutip dari Antara, Jumat (7/12).



Sementara itu terkait ekonomi dalam negeri, keberadaan pabrik Lotte Chemical tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan bahan baku industri dalam negeri. Maklum, pabrik yang dibangun tersebut nantinya diharapkan memiliki kapasitas produksi naphta cracker sebanyak 2 juta ton per tahun.

Sebagai informasi naphta cracker digunakan untuk memproduksi etana. Etana merupakan bahan dasar untuk pembuatan berbagai produk seperti; botol, pipa air, kantong plastik, tekstil, peralatan properti dan lain-lain.

Airlangga berharap keberadaan pabrik tersebut nantinya juga bisa mendorong percepatan upaya pemerintah mengurangi impor produk petrokimia sampai dengan 50 persen.

(Antara/agt)