Wapres JK Optimis Rupiah Bakal Terus Menguat

CNN Indonesia | Rabu, 09/01/2019 05:57 WIB
Wapres JK Optimis Rupiah Bakal Terus Menguat Wakil Presiden Jusuf Kalla memperkirakan aliran modal asing akan kembali masuk ke Indonesia dan memperkuat nilai tukar rupiah. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla optimistis nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan terus menguat setelah sempat hampir menyentuh level Rp14 ribu pada Senin (7/1) kemarin.

Menurut JK, penguatan rupiah itu tak lepas dari kinerja positif yang dilakukan BI dan Kementerian Keuangan. BI disebut menaikkan suku bunga secara bertahap selama enam bulan terakhir dari 4,25 persen menjadi 6 persen.

"Mudah-mudahan (dolar AS) bisa turun lagi. Itu salah satunya karena investasi asing masuk lagi," ujar JK di kantor wakil presiden, Jakarta, Selasa (8/1).



Selain itu, kondisi ekonomi AS yang melemah dinilai JK juga memengaruhi penguatan rupiah terhadap dolar AS. "Ekonomi Amerika tidak sekuat dulu, banyak masalah sehingga mereka lebih memilih investasi keluar," katanya.

Untuk menjaga penguatan rupiah, pihaknya akan berupaya menekan defisit perdagangan dan anggaran agar tak terlalu besar. Ia juga berharap Bank Sentral AS, Federal Reserve tak lagi menaikkan suku bunga.


"Kalau tidak menaikan bunganya maka cenderung akan stabil. Maka orang akan investasi lagi, menjadi keluar," terang dia.

Sementara itu, pada perdagangan sore ini, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp14.148 per dolar AS atau melemah 0,46 persen di posisi Rp14.089 per dolar AS sejak kemarin (pris/agi)