Kemenperin Gelontorkan Rp1,78 T untuk Pendidikan Kejuruan

CNN Indonesia | Senin, 14/01/2019 15:11 WIB
Kemenperin Gelontorkan Rp1,78 T untuk Pendidikan Kejuruan Ilustrasi. (CNNIndonesia/Yohannie Linggasari).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perindustrian pada 2019 ini menyiapkan anggaran sebesar Rp1,78 triliun untuk melaksanakan program pendidikan vokasi industri. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan anggaran tersebut digelontorkan untuk menindaklanjuti perintah Presiden Jokowi.

Sebagai informasi, Jokowi dalam sidang kabinet paripurna beberapa waktu lalu memerintahkan jajarannya untuk fokus dalam menggenjot perbaikan kualitas SDM. Airlangga mengatakan anggaran perbaikan kualitas SDM tersebut nantinya digunakan untuk menjalankan program pendidikan vokasi industri untuk 19.478 orang.

Pendidikan akan digelar di sembilan SMK, 10 politeknik dan dua akademi komunitas. 



"Di tahun ini, kami juga menyelenggarakan program pendidikan Diploma I yang lulusannya nanti bisa bekerja langsung di industri dengan target 600 mahasiswa," ungkapnya seperti dikutip dari website Kementerian Perindustrian, Senin (14/1).

Airlangga mengatakan pendidikan vokasi tersebut nantinya akan menyasar empat wilayah; Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Agar memberikan hasil optimal, pendidikan vokasi akan dikerjasamakan dengan Swiss.

Untuk mendukung program pendidikan vokasi, Airlangga mengatakan pihaknya juga akan memfasilitasi pendirian Politeknik Industri Petrokimia di Cilegon, Banten dan Politeknik Industri Agro di Lampung. 

(agt/agt)