FOTO: Intip Asyik Produksi Kantong Plastik

Safir Makki, CNN Indonesia | Jumat, 08/03/2019 17:24 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Industri kantong plastik tak hanya menghasilkan produk yang berujung menjadi sampah. Industri ini juga mengolah kembali sampah menjadi kantong plastik baru.

Pekerja mengurai tumpukan sampah kantong plastik yang akan di daur ulang di pabrik daur ulang plastik PT Batu Mas Murni, Tangerang, Rabu (6/3). (CNNIndonesia/Safir Makki).
Pabrik milik PT Batu Mas Murni ini memiliki area untuk menyimpan sampah-sampah dari Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi dan Tangerang. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Kantong plastik bekas dipilah kembali sesuai jenis dan bahannya. Untuk daur ulang, dipilih kantong plastik yang biasa digunakan sehari-hari warga. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Nantinya, sampah tersebut akan dimasukkan ke dalam mesin untuk dicuci dan diolah menjadi biji plastik hasil daur ulang. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Setelah melalui berbagai proses, biji plastik hasil daur ulang dapat digunakan kembali untuk membuat kantong plastik hingga menjadi bahan baku untuk campuran aspal. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Mayoritas kantong plastik yang diproduksi di pabrik milik PT Batu Mas Murni adalah kantong plastik daur ulang. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Sebagian lagi dibuat dari bahan baku baku plastik murni. Bahan baku diperoleh dari industri di dalam negeri, meski terkadang juga dipenuhi dari impor. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Hampir seluruh kantong plastik digunakan oleh pasar tradisional, bukan toko ritel modern. Penggunanya adalah para pedagang di pasar, toko buah di pinggir jalan, dan warung sembako. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Seluruh kantong plastik produksi pabrik itu dikirimkan langsung ke pembeli ritel atau distributor yang berada di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).  (CNNIndonesia/SafirMakki).