Pusat Perbelanjaan Buka Lebih Siang Saat Pilpres

CNN Indonesia | Selasa, 16/04/2019 14:58 WIB
Pusat Perbelanjaan Buka Lebih Siang Saat Pilpres Ilustrasi pusat perbelanjaan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengelola pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia menyesuaikan jam buka operasional pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Jika biasanya pusat belanja buka pukul 10.00 WIB, pada pelaksanaan pemilihan presiden (pilpres) 2019, Rabu (17/4) esok, pusat perbelanjaan dibuka paling cepat jam 11.00 WIB.

"Kami sudah memberitahu kepada anggota bahwa pusat belanja buka paling cepat jam 11 pagi. Ada yang buka jam 12, ada yang jam 1 siang, tetapi paling cepat jam 11 pagi," jelas Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan kepada saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (16/4).

Kebijakan tersebut bertujuan agar karyawan mempunyai waktu untuk menggunakan hak pilihnya. Hal ini sejalan dengan upaya APPBI dalam menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi tahun ini.

"Kami menganjurkan kepada karyawan untuk pergi ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencoblos. Setelah itu, buru-buru kembali ke pusat belanja karena masyarakat yang sudah mencoblos pasti ingin jalan-jalan, cari makan," ujarnya.


Selain jam buka yang disesuaikan, Stefanus menyebut sekitar 100 tenant pusat perbelanjaan siap memberikan diskon khusus hingga 50 persen bagi pengunjung yang telah menggunakan hak pilihnya.

"Syaratnya, pengunjung harus menunjukkan tanda di jari bahwa sudah mencoblos (menggunakan hak pilihnya)," katanya.

Lebih lanjut, Stefanus berharap penyelenggaraan Pemilu tahun ini berjalan lancar dan damai.

Berdasarkan pantauan, sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta telah mengumumkan penyesuaian jam buka operasional. Misalnya, pusat perbelanjaan Gandaria City, Jakarta Selatan akan beroperasi mulai pukul 11.00 WIB hingga 22.00 WIB pada Rabu (17/4).


Jam operasional yang sama juga berlaku untuk pusat perbelanjaan Kota Kasablanka, Pondok Indah Mall, dan Central Park Mall.

Sementara, Grand Indonesia di Jakarta Pusat mulai beroperasi pada pukul 12.00 WIB hingga 22.00 WIB.

[Gambas:Video CNN]


(sfr/bir)