Pengusaha Sambut Kemenangan Jokowi dengan Gembira

CNN Indonesia | Selasa, 21/05/2019 15:44 WIB
Pengusaha Sambut Kemenangan Jokowi dengan Gembira Ilustrasi Jokowi saat menyampaikan pidato kemenangan di Kampung Deret, Tanah Tinggi I, Johar Baru Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengusaha menyambut suka cita kemenangan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Selasa (21/5) dini hari.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan penetapan kemenangan tersebut memberikan kepastian kepada pasar mengenai pemimpin periode selanjutnya. Kepastian tersebut membuat investor tak harus menunggu dan melihat (wait and see) dalam menanamkan investasinya di Indonesia.

"Optimistis akan memberikan kepastian, kondisi (investasi) bisa lebih baik lagi. Tapi semoga stabilitas politik bisa terjaga ya," tutur Shinta kepada CNNIndonesia.com, Selasa (21/5).


Kemenangan ini, kata dia, sudah sesuai dengan pilihan dan ekspektasi mayoritas pengusaha. Makanya, Shinta percaya diri iklim dunia usaha bisa lebih baik lagi ke depannya.


"Jadi misalnya infrastruktur tetap dilanjutkan, reformasi-reformasi seperti pajak dan tenaga kerja juga berlanjut dan tidak mengulang lagi dari nol," ucapnya.

Dengan kata lain, pemerintahan yang baru periode 2019-2024 tak lagi perlu belajar atau adaptasi kembali. Misalnya, untuk seluruh proyek infrastruktur yang belum rampung bisa langsung dilanjutkan.

"Jadi ini mempercepat. Tinggal yang memang terhambat bisa diperbaiki, tidak perlu dipelajari dari awal," jelas Shinta.

Ke depannya, Shinta mendukung pemerintah untuk fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM). Pembangunan SDM dipandang perlu agar kualitas masyarakat Indonesia bisa berkompetisi di dunia internasional.

"Infrastruktur tetap butuh, tapi SDM juga. Ini kunci agar Indonesia juga lebih maju," terang Shinta.

[Gambas:Video CNN]

Menurutnya, Kadin akan mengadakan acara buka puasa bersama dengan Jokowi pada Jumat (24/5) mendatang. Ia menyebut seluruh anggota Kadin sekaligus akan menyampaikan selamat langsung kepada Jokowi pada acara tersebut.

"Jadi tiap anggota ada kesempatan masing-masing memberikan selamat," tuturnya.

Senada, Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) Adhi S Lukman mengatakan pengumuman KPU sesuai dengan prediksi dan pilihannya. Ia mengucapkan selamat atas kemenangan yang diraih oleh Jokowi untuk kedua kalinya.

"(Kalau sampaikan selamat secara pribadi) hahaha itu rahasia," kata Adhi.


Ia berpendapat kemenangan Jokowi bisa membuat pembangunan infrastruktur terus dilanjutkan dan segera rampung. Dengan demikian, konektivitas Indonesia bisa semakin tersambung dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

"Dengan konektivitas ini kan bagi kami pengusaha makanan dan minuman (mamin) bisa membuat beban logistik menjadi lebih murah karena distribusi lebih lancar," papar Adhi.

Ia mengharapkan Jokowi pada pemerintahan selanjutnya juga bisa meningkatkan tingkat konsumsi masyarakat agar kinerja perusahaan mamin juga semakin positif. Tak hanya itu, konsumsi juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi lagi.

"Jadi mungkin bisa lebih dari sekarang yang masih sekitar 5 persen," imbuh dia.


Adhi menargetkan penjualan industri mamin tumbuh 9 persen sepanjang 2019. Ia optimistis pertumbuhannya pada 2020 mendatang bisa dua digit sejalan dengan berlanjutnya kepemimpinan Jokowi.

"Mungkin tahun pertama periode kedua Jokowi masih satu digit, tahun kedua lah dua digit," pungkas Adhi. (aud/agt)