Aksi 22 Mei Memanas, Kemenkeu Pulangkan Pegawai

CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 13:30 WIB
Aksi 22 Mei Memanas, Kemenkeu Pulangkan Pegawai Ilustrasi Kementerian Keuangan. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengimbau seluruh karyawan untuk pulang dan bekerja dari rumah pada pukul 12.00 WIB, Rabu (22/5) siang ini. Imbauan itu diambil menanggapi kerusuhan aksi demonstrasi di kawasan kantor Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti mengatakan kebijakan itu diambil secara mendadak beberapa jam sebelum pukul 12.00 WIB.

"Ya ini baru saja, menyikapi perkembangan situasi saja," ucap Nufransyah kepada CNNIndonesia.com, Rabu (22/5).


Menurut dia, imbauan ini diberikan melalui masing-masing pimpinan divisi yang mempersilahkan pegawainya bekerja dari rumah. Tujuannya, untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang akan terjadi akibat aksi demo yang terus berlangsung.


"Antisipasi lah, jadi masing-masing menyesuaikan. Kalau karyawan rumahnya dekat mungkin pulang atau mungkin masih ada yang tetap di kantor. Disesuaikan masing-masing," jelasnya.

Selain Kementerian Keuangan, beberapa perbankan juga menutup kantor cabangnya yang berada di kawasan Tanah Abang dan kantor Bawaslu. Sebab, kawasan itu menjadi titik utama aksi demo dilakukan.

Direktur PT Bank Central Asia Tbk Santoso Liem mengatakan jumlah kantor cabang yang ditutup hari ini sebanyak 11 kantor. Perusahaan memutuskan untuk menutup 10 kantor cabang pembantu (KCP) dan satu kantor cabang utama (KCU).


"Secara Umum beroperasi normal namun ada beberapa lokasi kantor yang tidak bisa di akses oleh karyawan sehingga beberapa lokasi terpaksa tutup," ungkap Santoso.

KCP yang ditutup, kata Santoso, antara lain berada di Menteng, Kebon Sirih, Sabang, KS Tubun, Tanah Abang Blok A, Tanah Abang Blok B, Regional Tanah Abang, Tanah Abang Zona 3, Pasar Tanah Abang, dan Metro Tanah Abang. Sementara, satu KCU yang ditutup berlokasi di Jalan Wahid Hasyim.

Hal yang sama dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, di mana kantor cabang di Tanah Abang dan Petamburan tak ditutup hari ini. Operasional di kantor tersebut dialihkan ke kantor cabang lain.

[Gambas:Video CNN]

"Melihat situasi masa tadi pagi kami memutuskan layanan di beberapa kantor BRI ditutup dan dialihkan ke lokasi yang relatif aman," pungkas Direktur Jaringan dan Layanan BRI Osbal Saragih. (aud/lav)