Aliran Modal Asing Diprediksi Tambah Stamina IHSG

CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 07:45 WIB
Aliran Modal Asing Diprediksi Tambah Stamina IHSG Ilustrasi perdagangan saham. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diramalkan melaju di teritori positif pada Rabu (19/6). Aliran dana asing (capital inflow) yang kembali masuk ke pasar saham dalam negeri bakal menopang pergerakan indeks.

Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menilai pelaku pasar asing bakal terus menambah investasinya di pasar modal hingga beberapa waktu ke depan. Maka itu, ia optimistis IHSG bisa tembus area 6.300 sore ini.

"Pola pergerakan IHSG masih terlihat kuat, hari ini potensi kenaikan masih terlihat pada IHSG," papar William dalam risetnya.


Ia meramalkan indeks bergerak dalam rentang support 6.123 dan resistance 6.336. Beberapa saham yang patut dicermati, antara lain PT Astra International Tbk (ASII), PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).


Di sisi lain, Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan berpendapat pelaku pasar akan menunggu alias wait and see dalam melakukan transaksi beli. Dengan demikian, penguatan IHSG diproyeksi lebih terbatas hari ini.

"Penguatan diperkirakan terbatas, investor masih terlihat wait and see menunggu hasil keputusan suku bunga The Fed," kata Dennies melalui risetnya.

Sebagai informasi, The Fed menyelenggarakan rapat pada 18-19 Juni 2019 mengenai arah kebijakan suku bunga acuan ke depan. Kemudian, hal yang sama akan dilakukan Bank Indonesia (BI) setelah hasil rapat bank sentral Amerika Serikat (AS) itu dipublikasikan.


Di tengah sentimen suku bunga ini, Dennies meramalkan IHSG bergerak di area 6.100-6.200. Tepatnya, indeks akan berada dalam rentang support 6.174-6.216 dan resistance 6.278-6.298.

Dennies merekomendasikan sejumlah saham yang bisa dilirik pelaku pasar, di antaranya PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP), dan PT XL Axiata Tbk (EXCL).

Sebagai catatan, IHSG terpantau menguat cukup signifikan sebesar 1,07 persen atau 66,8 poin ke level 6.257. Pelaku pasar asing tercatat beli bersih atau net buy di all market sebesar Rp383,42 miliar.

Hal tersebut sejalan dengan bursa saham Wall Street tadi malam. Dow Jones terlihat menguat 1,35 persen, S&P500 0,97 persen, dan Nasdaq Composite 1,39 persen.

[Gambas:Video CNN] (aud/lav)