BPK Sebut Temukan 'Rekayasa Keuangan' Lapkeu Garuda Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 25/06/2019 19:20 WIB
BPK Sebut Temukan 'Rekayasa Keuangan' Lapkeu Garuda Indonesia Ilustrasi Kantor BPK. (Detikcom/Muhammad Fida Ul Haq).
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengaku telah selesai melakukan audit laporan keuangan (lapkeu) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Hasilnya, ada sejumlah temuan yang akan dipublikasikan, terutama terkait financial engineering atau rekayasa keuangan.

Anggota BPK Agung Firman Sampurna mengatakan pemeriksaan terhadap laporan keuangan Garuda Indonesia dilakukan berdasarkan laporan yang telah diterbitkan perusahaan. Selain itu, lembaga audit itu pun turut memeriksa kantor akuntan publik yang melakukan audit terhadap laporan tersebut.

"Kami sudah setuju, laporan (hasil pemeriksaan) akan dirilis. Salah satu (temuan) terjadinya financial engineering (rekayasa keuangan)," kata Agung di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (25/6).



Meski begitu, Agung enggan merinci berbagai temuan yang didapat lembaganya. "Temuannya banyak, data detailnya lengkap," katanya.

Sebelumnya, BPK turun tangan memeriksa laporan keuangan Garuda Indonesia karena menunjukkan kejanggalan dari sisi pencatatan piutang menjadi pendapatan. Dalam pemeriksaan, BPK juga berkomunikasi dengan Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Bursa Efek Indonesia.

Semula, BPK berniat mengumumkan beberapa hari setelah perayaan hari raya Idul Fitri, namun belum juga dikeluarkan. Lebih lanjut, ia juga enggan memastikan apakah ada kesalahan atau pelanggaran ketentuan akuntansi keuangan negara dalam laporan tersebut.


Di sisi lain, Anggota BPK Achsanul Qosasi pernah menyatakan sekalipun ada kejanggalan yang ditemukan, maka nantinya BPK akan memberikan rekomendasi terkait perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan maskapai nasional tersebut.

"Jangan indikasi dulu, saya ingin komprehensif. Intinya nanti kami akan beritahu laporan keuangan Garuda itu harus diperbaiki atau sudah dianggap cukup begitu," ungkapnya.

[Gambas:Video CNN] (uli/lav)