AirAsia Berambisi Buka Lebih Banyak Rute di Timur Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 05/07/2019 09:33 WIB
Group AirAsia bakal menambah rute penerbangan domestik karena Indonesia dianggap memiliki banyak lokasi pariwisata yang indah. Ilustrasi AirAsia. (REUTERS/Olivia Harris).
Jakarta, CNN Indonesia -- AirAsia Group menambah rute penerbangan domestik di kawasan Timur karena Indonesia dianggap memiliki banyak lokasi pariwisata yang indah. Pada akhirnya, mobilitas turis akan turut memutar roda ekonomi di daerah tersebut.

CEO Grup AirAsia Tony Fernandes mengungkapkan salah satu tempat indah yang rute penerbangannya telah dibuka AirAsia adalah penerbangan dari dan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) seperti rute Jakarta - Lombok dan Lombok - Perth.

Rute-rute di kawasan Timur Indonesia itu dibuka tahun ini, setelah Lombok menghadapi bencana gempa yang cukup besar pada Juli 2018 lalu.


Tony berharap pembukaan rute tersebut akan mendorong aktivitas pariwisata dan meningkatkan jumlah lapangan kerja di Lombok.


"Saya berharap bisa melakukan hal itu lagi di banyak lokasi seperti Sorong (Papua). (Pembukaan rute Bandara) Silangit kami sukses meski semua orang mengatakan kami gila. Membuka rute Banyuwangi juga akan bagus. Kami akan membuka banyak rute penerbangan baru," ujar Tony di Jakarta, Kamis (4/7).

Secara terpisah, Direktur Utama PT Indonesia AirAsia Dendy Kurniawan mengungkapkan setelah beberapa waktu lalu membuka rute ke Lombok dan Labuan Baju, perusahaan akan kembali menjajaki rute ke wilayah Timur Indonesia.

"Pengennya ke timur. Ini lagi proses. Saya tidak ingin mendahului proses perizinannya, biar keluar dulu saja," ujarnya.

Untuk mendukung rencana tersebut, armada pesawat perusahaan akan bertambah dari 24 unit menjadi 29 unit armada akhir tahun. Seluruh jenis pesawat yang digunakan adalah Airbus 320 dengan kapasitas 180 kursi.


"Kami hanya mengoperasikan satu jenis dan tidak akan pernah mengoperasikan tipe pesawat yang lain. Ini membuat operasi kami jauh lebih efisien," ujarnya.

Dendy menyebutkan satu unit armada baru dapat melayani dua hingga tiga rute baru. Terkait jadwal kedatangan, Dendy menyebutkan satu unit armada sudah tiba beberapa waktu lalu, satu unit lagi akan datang pada Agustus 2019, dan tiga unit sisanya akan datang pada kuartal IV 2019.

Sebagai informasi, saat ini perusahaan telah memiliki 5 hub penerbangan di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan yang terbaru Lombok.

[Gambas:Video CNN] (sfr/lav)