Indeks Keyakinan Konsumen Jadi Penggerak IHSG Awal Pekan

CNN Indonesia | Senin, 08/07/2019 07:56 WIB
Indeks Keyakinan Konsumen Jadi Penggerak IHSG Awal Pekan Ilustrasi transaksi saham. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak di teritori positif pada Senin (8/7). Rilis data survei Bank Indonesia (BI) mengenai Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) disebut akan menopang pergerakan pasar saham awal pekan ini.

Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memprediksi hasil survei BI terkait keyakinan konsumen periode Juni 2019 akan lebih positif ketimbang bulan sebelumnya. Dengan begitu, pasar tak ragu untuk melakukan transaksi beli.

Mengutip data BI, IKK periode Mei 2019 naik dari 182,1 menjadi 182,2. Bank sentral mengklaim bahwa survei konsumen pada bulan tersebut terbilang cukup baik karena keyakinan meningkat.


"Data (indeks keyakinan konsumen) disinyalir akan berada dalam kondisi stabil disertai peningkatan sehingga dapat memberikan sentimen positif terhadap pergerakan IHSG," papar William dalam risetnya.


Ia optimistis IHSG akan menyentuh area 6.400 hari ini. Menurutnya, indeks berpeluang bergerak dalam rentang support 6.302 dan resistance 6.488.

William merekomendasikan sejumlah saham yang bisa diperhatikan, antara lain PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).

Tak sependapat, Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah menilai IHSG sulit untuk berbalik ke arah menguat hari ini. Pasalnya, secara teknikal indeks sedang berada dalam tren penurunan.


"Sehingga secara teknikal IHSG masih rentan bergerak bearish pada support resistance 6.320-6.380," kata Lanjar melalui risetnya.

Sebagai informasi, IHSG sepanjang pekan lalu menguat tipis 0,23 persen. Namun, khusus perdagangan Jumat (5/7) kemarin indeks terkoreksi 0,03 persen ke level 6.373.

Sejalan dengan pasar saham dalam negeri, bursa saham Wall Street juga tampak loyo pada akhir pekan lalu. Dow Jones terpantau melemah 0,16 persen, S&P500 0,18 persen, dan Nasdaq Composite 0,1 persen.

[Gambas:Video CNN] (aud/lav)


BACA JUGA