Bank Mandiri Gangguan Sistem, BI Imbau Nasabah Tidak Panik

CNN Indonesia | Sabtu, 20/07/2019 14:05 WIB
Bank Mandiri Gangguan Sistem, BI Imbau Nasabah Tidak Panik ATM Bank Mandiri. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bank Indonesia (BI) mengimbau nasabah Bank Mandiri tidak panik meski perseroan mengalami gangguan sistem. Sebab, perusahaan telah menjamin keamanan dana nasabah. 

"Saya sampaikan dulu supaya masyarakat tenang dan tidak khawatir karena dari Bank Mandiri sendiri sudah menggelar konferensi pers yang menjelaskan saat ini sistemnya sedang diatasi dan sudah ada pernyataan dana nasabah dijamin keamanannya," ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam konferensi pers di Medan, Sabtu (20/7).


Apabila nasabah menemukan kejanggalan pada saldo rekening atau mengalami gangguan saat bertransaksi, nasabah harus segera konfirmasi ke bank terkait. Jika ada sengketa, bank sudah memiliki prosedur penyelesaiannya. 


"Ini dilakukan agar tidak termakan informasi yang tidak benar dan berlebihan," ujarnya. 

Onny mengungkapkan tidak ada sistem perbankan yang sempurna. Risiko gangguan pasti ada. Karenanya, BI telah mengatur masalah pemeliharaan sistem. 

[Gambas:Video CNN]

"Kami yakin bank besar memiliki rencana keberlangsungan operasi di mana data transaksi nasabah dipisah sehingga kalau satu data yang satu bermasalah ada data lain yang betul sehingga koreksinya mudah," ujarnya. 

Selain itu, perbankan  harus memiliki standar operasional jika gangguan sistem terjadi dengan mengedepankan perlindungan konsumen. 

"Jadi, para nasabah jangan khawatir. Kita tunggu sampai (gangguan) diatasi. Perlindungan konsumen tetap dijaga tidak hanya oleh bank itu sendiri tetapi juga oleh regulator," ujarnya. 


Terkait sanksi, Onny belum bisa memastikan mengingat ada waktu toleransi yang diberikan kepada perbankan untuk mengatasi gangguannya sesuai prosedur.

"BI tidak gampang memberi sanksi, dilihat dulu apa. Kami lebih melihat perlindungan konsumen dulu. Konsumen harus merasa aman dan terkawal untuk keamanan dananya," ujar dia. 

Lebih lanjut, Onny berharap gangguan sistem Bank Mandiri segera cepat teratasi.


Sebagai informasi, gangguan sistem teknologi informasi Bank Mandiri hari ini menyebabkan kerusakan layanan yang menyebabkan perubahan saldo nasabah, baik berkurang maupun bertambah. Gangguan tersebut juga menghambat transaksi isi ulang uang elektronik perseroan. (sfr/dea)