'Disentil' Sri Mulyani, Muhadjir Benahi Anggaran Pendidikan

CNN Indonesia | Rabu, 14/08/2019 17:07 WIB
'Disentil' Sri Mulyani, Muhadjir Benahi Anggaran Pendidikan Muhadjir akan membenahi struktur anggaran pendidikan tahun depan. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan bakal merapikan struktur anggaran pendidikan tahun depan. Hal itu menjadi respons atas keluhan yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di beberapa kesempatan.

Sebelumnya, Sri Mulyani mengeluhkan kualitas pendidikan yang dihasilkan masih belum sebanding dengan uang yang dikeluarkan pemerintah. Padahal, dalam 10 tahun terakhir, anggaran pendidikan mendapat porsi 20 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Muhadjir mengaku sudah dua kali menggelar rapat dengan Sri Mulyani bersama jajarannya untuk membenahi struktur anggaran pendidikan. Pembenahan difokuskan agar anggaran yang dikucurkan negara tidak salah pemanfaatannya.


"Saya mendampingi untuk merapikan struktur anggaran pendidikan, agar betul-betul tepat sasaran dan tidak salah guna," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (14/8).

Namun demikian, Muhadjir enggan merinci apa saja yang perlu diperbaiki dalam struktur anggaran pendidikan tersebut. Pasalnya, saat ini masalah tersebut masih dibicarakan dengan Sri Mulyani.

"Banyak itu, makanya ini sedang kami bicarakan dengan Menteri Keuangan," tuturnya.

Sebagai informasi, dalam APBN 2019, pemerintah mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar Rp492,5 triliun atau 20 persen dari total anggaran negara. Angka tersebut meningkat 12 persen dari tahun lalu sebesar Rp435 triliun.

Belanja tersebut digelontorkan melalui belanja pusat seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian riset dan Teknologi, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Selain itu, anggaran itu juga disalurkan melalui Transfer Keuangan Daerah dan Dana Desa (TKDD) dalam bentuk Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus.
[Gambas:Video CNN]

(fra/sfr)